PENDAMPINGAN USAHA MENENGAH MR. BOY BARBERSHOP AND COFFEESHOP DALAM RANGKA PERTAHANAN EKONOMI DI TENGAH PANDEMI COVID-19

Authors

  • Adinda Dwi Prastika Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Sherly Herlina Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Devvy Emily Zhetyani Hukum, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Abstract

Berlangsungnya pandemi Covid-19 yang semakin hari semakin ganas, menyebabkan dampak negatif terutama bagi usaha kecil menengah. Dampak ini sangat terasa di dalam pemasaran dan membuat usaha kecil mikro dan menengah harus bertahan sekuat tenaga. Begitu juga bagi Mr. Boy Coffeeshop and Barbershop yang dengan sabar menjalani bisnis di tengah pandemi Covid-19. Mereka harus berinovasi dan mengembangkan bisnisnya agar tidak berhenti di tengah jalan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendampingi usaha kecil menengah dalam menghadapi dampak negatif dari Pandemi Covid-19 dan juga memberikan edukasi bahwa semua usaha kecil menengah dapat memiliki kesempatan untuk terus hidup dan memperkuat perekenomiannya. Hasil yang dapat disimpulkan dalam penelitian ini adalah dengan adanya program Kuliah Kerja Nyata yang dilakukan berupa pendampingan dan pemberian handsanitizer serta sabun cuci tangan dapat menumbuhkan kesadaran akan pentingnya hidup bersih dan sehat terutama dalam keadaan seperti sekarang ini.

Author Biographies

Adinda Dwi Prastika, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Sherly Herlina, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Devvy Emily Zhetyani, Hukum, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Hukum, Universitas Muhammadiyah Jakarta

References

H.B. Sutopo (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif : Dasar teori dan Terapannya dalam Penelitian. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Herdiansyah, Haris. 2010. Metode Penelitian Kualitatif untuk Ilmu-ilmu Sosial. Jakarta: Salemba Humanika.

Mulyana, Deddy. 2008. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung. PT Remaja Rosdakarya

Jurnal

Aufar, Arizali. 2014. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penggunaan Informasi Akuntansi Pada UMKM (Survei Pada Perusahaan Rekanan PT. PLN (Persero) di Kota Bandung).

Herlyana, Elly. (2012). Fenomena Coffee Shop Sebagai Gejala Gaya Hidup Baru Kaum Muda. Jurnal THAQAFIYYAT, Vol. 13, No. 1 Juni 2012

Salendra. (2014). Coffee Shop as a Media for Self-Actualization Today’s Youth. Jurnal Messenger, Volume VI, Nomor 2, Juli 2014

Sutoni, A. 2018. Determination Of Regional Main Products With Fuzzy Logic Approach In Re Regional Sula Island Of North Maluku Pro Province. Proceeding of International Conference on Digital Arts, Media and Technology (ICDAMT), Pha Yao University, Chiang Rai, Thailand.

Website

Pedoman+Kuliah+Kerja+Nyata+UMJ-41263.pdf, diakses pada 23 Juli 2021 pukul 10.33 WIB

https://statistik.bantenprov.go.id/ekonomi/koperasi diakses pada 21 Juli 2021 pukul 19.18 WIB.

Downloads

Published

2021-10-28