EDUKASI KESEHATAN GIGI DAN MULUT TERHADAP ANAK DI KAMPUNG PONCOL KECAMATAN KARANG TENGAH TANGERANG

Atika Sari, Moh.Adam Avichiena, Aminah Swarnawati

Abstract


Menjaga kesehatan gigi dan mulut dapat dilakukan dengan cara menggosok gigi yang baik dan benar. Masalah    kesehatan  gigi  dan  mulut  paling  banyak  dialami  oleh  anak  usia  6-12  tahun.  Penyebab  yang sangat  mendasar  adalah  kurangnya  kesadaran  diri  sendiri  dan  orang  tua  dalam  membiasakan  anak menggosok  gigi  yang  baik  dan  benar  serta  tepat  waktu.  Hal  ini  dapat  mempengaruhi  kondisi  tubuh ketika  kondisi  gigi  dan  mulut  tidak  bersih. Masalah  kesehatan  gigi  dan  mulut  jika  tidak dilakukan  perawatan  akan  menimbulkan  rasasakit   pada   gigi   yang   berakibat   anak   malas melakukan    kegiatan,    anak    tidak    hadir    kesekolah  dan  nafsu  makan  menurun  sehingga mengakibatkan   gangguan   tumbuh    kembang pada  anak. Kebiasaan   menyikat   gigi   pada   waktu   yang dianjurkan  perlu  ditanamkan  sejak  dini  pada anak.    Tujuan pendidikan kesehatan gigi dan mulut pada anak-anak pada hakekatnya adalah memperkenalkan anak dengan dunia kesehatan gigi serta segala persoalan mengenai gigi, sehingga mampu memelihara kesehatan gigi, melatih anggota badan anak sehingga mereka dapat membersihkan gigi sesuai dengan kemampuannya, dan mendapatkan kerjasama yang baik dari anak bila memerlukan perawatan pada giginya. Metode dalam  penyuluhan pendidikan kesehatan adalah dengan melakukan penyuluhan kesehatan gigi dan mulut pada anak dengan berbagai macam media yang dapat digunakan seperti penggunaan alat peraga, menonton video animasi dan juga  parktik langsung.


Full Text:

PDF

References


Wowor V, Lossu FM, Pangemanan DHC. Hubungan Pengetahuan Kesehatan Gigi Dan Mulut Dengan Indeks Gingiva Siswa Sd Katolik 03. J e-Gigi. 2015;3(2):647–53.

Arifin. Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Tingkat Pengetahuan Tentang Kuaitas Hidup Pada Pasien Hipertensi Di Wilayah Kerja Puskesmas Pajang Surakarta. J Mater Process Technol. 2018;1(1):1–8.

Kholishah Z. Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dengan Video Animasi Terhadap Praktik Gosok Gigi Pada Anak Kelas Iv Dan V Di Sdn 1 Bendungan Temanggung. 2017;

Riyanti E, Saptarini R. Improving of the Oral and Dental Health. Improv Oral Dent Heal. 2016;1–12.

Asridiana. Efektifitas Penyuluhan Kesehatan Menggunakan Metode Cerita Boneka Tangan Terhadap Peningkatan Keterampilan Gosok Gigi Pada Anak Prasekolah Di Tk Darmawanita Kecamatan Wasuponda Kota Sorowako. Pros Semin Nas Pengabdi Masy LPPM. 2019;(September 2019):1–11.

Samantha R, Almalik D. Peningkatan Pengetahuan Kesehatan Gigi Dan Mulut Melalui Penyuluhan Menggunakan Video Animasi Secara Online Pada Siswi Mts Muhammadiyah Penyasawan Kabupaten Kampar. TjyybjbAcCn. 2019;3(2):58–66.

Perilaku G, Kebersihan P, Dan G, Ibu M, Di H, Puskesmas U, et al. Pengaruh Kukusan Labu Siam Terhadap Mean Arteri Pressure Lansia Penderita Hipertensi Di Upt Pelayanan Sosial Lanjut Usia Di Wilayah Binjai. sari-mutiara.ac.id/index.php/Kesehatan_Masyarakat [Internet]. 2017;Vol. 3(No. 2):18–26. Available from: http://e-journal.sari-mutiara.ac.id/index.php/Kesehatan_Masyarakat

Syah A, Ruwanda RA, Basid A. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Status Karies Gigi Pada Anak Sekolah Min 1 Kota Banjarmasin. J Kesehat Indones. 2019;9(3):149.

Mardelita S. Hubungan Pengetahuan Dengan Terjadinya Karies Gigi Pada Masyarakat Desa Pante Kecamatan Simpang Tiga Kabupaten Pidie. Pengaruh Kukusan Labu Siam Terhadap Mean Arter Press Lansia Penderita Hipertens Di Upt Pelayanan Sos Lanjut Usia Di Wil Binjai Tahun 2017 [Internet]. 2017;4002:18–26. Available from: http://e-journal.sari-mutiara.ac.id/index.php/Kesehatan_Masyarakat


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ