EDUKASI NILAI-NILAI ISLAM DI TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN NURUL IMAN PAMULANG

Authors

  • Alif Ainun Firdaus Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Muhamad Haikal Machpudz Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Ratna Yulia Ilmu Kesejahteraan Sosial, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Jakarta

Abstract

Pada masa Pandemic Covid-19 semakin marak dan semalin terlihat banyaknya krisis moral yang menyimpang terutama pada anak-anak. Maka dari itu yang menjadi salah satu solusi terbaik untuk menyelamatkan karakter generasi penerus bangsa yaitu dengan terus mengedukasi dengan nilai-nilai Islam. Pendidikan religi pada anak usia dini dapat dilakukan melalui keluarga maupun lingkungan sosial masyarakat, salah satu bentuknya adalah melalui Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA). Pada salah satu program Kuliah Kerja Nyata kali ini melaksanakan edukasi penerapan nilai-nilai Islam di Taman Pendidikan Al-Qur’an di desa Pamulang. Melalui program pendidikan yang dirancang dengan baik, anak akan mampu mengembangkan segenap potensi yang dimiliki, dari aspek fisik, sosial, moral, emosi, kepribadian dan lain-lain.

Author Biographies

Alif Ainun Firdaus, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta

Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta

Muhamad Haikal Machpudz, Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Ratna Yulia, Ilmu Kesejahteraan Sosial, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Jakarta

Ilmu Kesejahteraan Sosial, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Jakarta 

References

Jaedi, M. “Pentingnya Memahami Al-Qur’an dan Ilmu Pengetahuan”. Jurnal Pendidikan dan Studi Islam. 5 (1), 62-70. 2019.

Mulyani, Dewi, et.al. “Al-Quran Literacy for Early Childhood with Storytelling Techniques”. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 2 (2), 202-210. 2018.

Suwarni. “Peningkatan Prestasi Membaca Al-Quran Siswa dengan Metode Manajemen Kemitraan di SDN 003 Loa Kulu, Kutai Kartanegara”. Jurnal Pendidikan. 9 (2), 1-6. 2021.

Downloads

Published

2021-10-28