Edukasi Aktivitas Fisik yang Dapat Dilakukan di Rumah Pada Masa Pandemic Covid-19

Alifya Fitri Ananda, Alvira Damayanti, Silvi Wahyuni

Abstract


Pandemi covid-19 yang saat ini sangat membawa dampak besar terhadap kegiatan perekonomian serta kegiatan sosial lainnya seperti ditetapkannya aturan PPKM yang sebelumnya segala kegiatan dilakukan secara offline kini berubah menjadi online, hal ini juga dapat menimbulkan permasalahan terhadap organisasi-organisasi yang ada seperti IRMA (Ikatan Remaja Masjid) diwilayah Limo, Depok Jawa barat yang menimbulkan kecemburuan sosial pada organisasi ini karena didalam organisasi ini banyak diikuti oleh masyarakat setempat sehingga pada periode sebelumnya. Pada tahapan pelaksanaan penelitian kuliah kerja nyata yang peneliti lakukan dengan menggunakan metode pelaksanaannya secara online karena situasi saat ini adanya pandemic covid-19 yang sangat tidak memungkinkan untuk peneliti melakukan metode pelaksanaan secara offline atau secara langsung, namun karena peneliti dalam melakukan penelitian dengan cara berkelompok sehingga sedikit memudahkan peneliti untuk melakukan metode pelaksanaan secara offline dengan satu orang peneliti yang turun langsung kelapangan namun dengan tetap menerapkan protocol kesehatan secara ketat. Gambaran iptek yang dapat diberikan peneliti terhadap penelitian yang dilakukan yaitu memberikan edukasi terkait dengan pemahaman dalam organisasi yang benar serta sesuai dengan peraturan yang telah dibuat dan disepakati bersama guna lancarnya organisasi untuk masa yang akan datang.


Full Text:

PDF

References


Fadli, A., 2020. Mengenal Covid-19 Dan Cegah Penyebarannya Dengan “Peduli Lindungi” Aplikasi Berbasis Andorid.

Moch Halim Sukur, B. K. H. R. F. N., 2020. Penanganan Pelayanan Kesehatan Di Masa Pandemi Covid-19 Dalam Perspektif Hukum Kesehatan. Journal Inicio Legis, Volume I.

Fitriani, N. I., 2020. Tinjauan Pustaka Covid-19: Virologi, Patogenesis, Dan Manifestasi Klinis. Jurnal Medika Malahayat, Volume 4.

Suni, N. S. P. (2021) ‘Tingginya Kasus Aktif Dan Angka Kematian Akibat Covid-19 Di Indonesia’.

WHO (2018) ‘Physical Activity’,.

Damayanti, A. E. (2016) Hubungan Citra Tubuh, Aktivitas Fisik, Dan Pengetahuan Gizi Seimbang Dengan Status Gizi Remaja Putri, Repository Universitas Airlangga. Available at: http://repository.unair.ac.id/46573/.

Kesehatan, D. (2018) ‘Lakukan Aktifitas Fisik 30 Menit Setiap Hari’.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ