PENYULUHAN PEMAKAIAN DOUBLE MASKER, DAN PEMBAGIAN MASKER DI KARANG TARUNA TUNAS BARU BUARAN

Renisa Hilda, Siti Hafidzah, Fauzan Novanda

Abstract


Berkurangnya kewaspadaan masyarakat akan virus Covid-19 varial delta menjadi salah satu masalah saat ini. Beberapa masyarakat mulai tidak memerhatikan protokol kesehatan pada kegiatan sehari-harinya. Dengan begitu kami di sini ingin membantu penyukuhan untuk meningkatkan kembali kewaspadaan Masyarakat Kelurahan Buara untuk tetap waspada akan virus Covid-19 varian delta, dengan mengenalkan penggunaan double masker yang di kenal efektivitasnya lebih baik daripada satu masker saja. Pelaksanaan kegiatan ini sebagian besar dilakukan secara online karena kondisi , hal ini dimaksudkan agar semua pihak dapat terhindar dari wabah Covid-19. Namun ada sebagian program tetap dapat dilaksanakan secara langsung di lapangan dengan tetap menggunakan protokol kesehatan yaitu pembagian masker di lingkungan buaran. sehingga masyarakat teredukasi akan efektivitas pencegahan double masker untuk menghindari terpapar virus COVID-19 varian delta. Sehingga ini menjadi  kebiasaan  baru  yang  bukan hanya  diberlakukan  saat  dalam  kondisi  pandemi  COVID-19  ini,  tetapi  dalam tatanan kehidupan sehari-hari.


Full Text:

PDF

References


Athena, dkk. "Pelaksanaan Disinfeksi Dalam Pencegahan Penularan Covid-19 Dan Potensi Resiko Terhadap Kesehatan Diindonesia." Jurnal Ekologi Kesehatan, 2020: 1-20.

Jovie Mien. D, Djuis Sugiaty R. "Pembuatan Hand Sanitizer Bahan Alam Dan Gerakan Cuci Tangan Masyarakat Silian Minahasa Tenggara." Jurnal Aplikasi Ipteks Untuk Masyarakat, 2021: 45 - 47.

Meri Meri, dkk. "Pemberdayaan Masyarakat Dalam Penggunaan Hand Sanitizer Dan Masker Sebagai Upaya Preventif Terhadap Covid-19." Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2020: 26 - 33.

Pramulani. M. l., Ani. P. "Pelatihan Pembuatan Hand Sanitisizer Perasa Buah Jeruk Nipis Bagi Guru, Siswa Siswi Sma Dan Smk Mutiara 17 Agustus Kelurahan Teluk Pucung Bekasi Utara." Jurnal SEMAR, ISSN, 2018.

Tampubolon, Rosa indah, dkk. "Pelaksanaan Disinfeksi Dalam Pencegahan Penularan Covid-19 Dan Potensi Risiko Terhadap Kesehatan Diindonesia." Jurnal Kesehatan, 2020

Kementerian Keseharan RI. Covid-19 Update. 24 Juni 2021. https://infeksiemerging.kemkes.go.id/dashboard/covid-19

Brooks JT, Beezhold DH, Noti JD, et al. Maximizing Fit for Cloth and Medical Procedure Masks to Improve Performance and Reduce SARS-CoV-2 Transmission and Exposure, 2021. MMWR Morb Mortal Wkly Rep 2021;70:254–257. DOI: http://dx.doi.org/10.15585/mmwr.mm7007e1external icon. Centre for Disease Control and Prevention (CDC). Improve How Your Mask Protects You, 2021. https://www.cdc.gov/coronavirus/2019-ncov/your-health/effective-masks.html


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ