Penyuluhan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dengan Mencuci Tangan Pakai Sabun di Kelurahan Cipondoh Makmur Kecamatan Cipondoh Kota Tangerang

Haina Maulani, Fransisca Fransisca, Rizki Ichlasul Amal, Laely Farokhah

Abstract


Di Indonesia, kasus Covid-19 masih menjadi perhatian masyarakat karena prevalensinya yang terus meningkat. Hal ini dikarenakan kurangnya kesadaran dan pemahaman masyarakat akan penyebaran virus Covid-19. Berdasarkan permasalahan tersebut, salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dalam kehidupan sehari-hari serta memperhatikan tingkat kesehatannya. Kegiatan ini dilakukan di lingkungan RT 007 RW 07 Kelurahan Cipondoh Makmur Kecamatan Cipondoh Kota Tangerang. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman masyarakat tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di masa pandemi Covid-19. Kegiatan ini dilakukan dalam lima tahapan yang meliputi sosialisasi, penyuluhan dan penyebaran poster, praktik 6 langkah cuci tangan, publikasi melalui digital platform, dan monitoring serta evaluasi terkait penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dengan mencuci tangan pakai sabun. Hasil yang dicapai dari kegiatan pengabdian ini yaitu wawasan dan pengetahuan masyarakat meningkat serta memiliki kesadaran yang tinggi tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di masa pandemi Covid-19, masyarakat dapat mengakses informasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dengan mencuci tangan pakai sabun secara online, dan kesadaran masyarakat meningkat untuk saling mengajak masyarakat lain agar dapat menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dalam kehidupan sehari-harinya.


Full Text:

PDF

References


Ana, S. N. (2019) ‘SEJARAH, TUJUAN DAN MANFAAT KULIAH KERJA NYATA ( KKN) UNIVERSITAS WARMADEWA’, pp. 1–13.

Badan Pusat Statistik (2020) Kecamatan cipondoh.

Bawafie, A. et al. (2020) ‘Membangun Semangat Masyarakat di Bidang Sosial dan Ekonomi dalam Melawan Covid-19’, Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ. Available at: https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat/article/view/8007.

Farokhah, L., Ubaidillah, Y. and Yulianti, R. A. (2020) ‘Penyuluhan Disiplin Protokol Kesehatan Covid-19 Di Kelurahan Gandul Kecamatan Cinere Kota Depok’, Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ, pp. 1–8.

Jabrohim, H., Aman, M. and Sudaryani, R. R. S. (2015) ‘Kuliah Kerja Nyata Muhammadiyah Untuk Negeri’, pp. 4–4. Available at: https://id.wikipedia.org/wiki/Kuliah_Kerja_Nyata#:~:text=Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah,bertempat di daerah setingkat desa.

Kemenkes RI, 2014. Perilaku Mencuci Tangan Pakai Sabun di Indonesia. Jakarta:Pusat Data dan Informasi Kementerian Kesehatan RI.

Pratiningsih, W. O. (2014) Laporan Individu Kuliah Kerja Nyata (KKN) Di Desa Hadiwarno Kecamatan Ngadirojo Kabupaten Pacitan.

Sunarti, Sri., 2015. Jurnal Ilmu Kesehatan. Efektivitas Cuci Tangan Pakai Sabun Terhadap Penurunan Angka Kuman Pengunjung di Badan Perpustakaan Daerah Provinsi Kalimantan Timur. Vol. 4, No. 1 Juni 2016. [Online]. http://ojs.stikesmuda.ac.id/index.php/ilmu-kesehatan/article/view/30.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ