Penguatan Karakter SDM Berbasis Integrasi-Interkoneksi di Perguruan Tinggi Melalui Kegiatan KKN Model Hybrid
Abstract
Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) berbasis KKN Mahasiswa menggunakan metode Participatory Action Research (PAR). Dalam kegiatan KKN ini menghasilkan beberapa hal, antara lain: (1) Keberadaan KKN Mahasiswa harus terus dipertahankan dan ditingkatkan; (2) Keberadaan KKN Mahasiswa menjadi salah satu media penguatan karakter; (3) Pengembangan SDM unggul melalui Perguruan Tinggi masih sangat relevan dan diminati oleh masyarakat.
Full Text:
PDFReferences
Abdullah, M.A. (2020). Fresh Ijtihad: Manhaj Pemikiran Keislaman Muhammadiyah di Era Digital. Yogyakarta: Suara Muhammadiyah.
Abdullah, M.A. (2021). Multidisiplin, Interdisiplin, & Transdisiplin: Metodi Studi Agama & Studi Islam di Era Kontemporer. Yogyakarta: IB Pustaka.
Abdullah, M.A. (2012). Islamic Studies di Perguruan Tinggi: Pendekatan Integratif-Interkonektif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ansari, F; dkk. (2015). Sistem Pelaporan Terpadu Kuliah Kerja Nyata Berbasis Digital: Studi Kasus Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Mulawarman, Informatika Mulawarman: Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer, 10 (1), 11-19.
Asbari, M; dkk, (2019). Pengaruh Kepemimpinan dan Budaya Organisasi Terhadap Perilaku Kerja Inovatif pada Industri 4.0. JIMUPB: Jurnal Ilmiah Manajemen, 8 (1), 7-15.
Kartanegara, M. (2005). Integrasi Ilmu: Sebuah Rekonstruksi Holistik. Jakarta: UIN Jakarta.
Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, (2019). Statistik Pendidikan Tinggi 2019. Jakarta: Pusdatin Kemenristekdikti.
Kindon, dkk, (ed). (2007). Participatory Action Research Approaches and Methods: Connecting People, Participation and Place. New York: Routledge.
Muhson,A; dkk. (2012). Analisis Relevansi Lulusan Perguruan Tinggi dengan Dunia kerja. Jurnal Economia, 8 (1), 42-52.
Nulhaqim, S.A; dkk. (2016). Peranan Perguruan Tinggi dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di Indonesia untuk Menghadapi ASEAN Community 2015, 6 (2), 197-219.
Santosa, D.J. (2020). Pemberdayaan Masyarakat Berkonsep Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) dalam Kegiatan Kuliah Kerja Nyata Universitas Gadjah Mada di Masa Pandemi Covid-19, Unri Conference Series: Community Engagement, Vol. 2, 317-324.
Suti, M; dkk. (2020). Tata Kelola Perguruan Tinggi dalam Era Teknologi Informasi dan Digitalisasi, JEMMA: Journal of Economic, Management, and Accounting, 3 (2), 203-214.
Syaifullah, H; dkk. (2019). Penanaman Akhlak Sejak Dini Melalui Penayangan Film Sejarah Sahabat Nabi di TPA Islamic Centre Pondok Pucung, Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ, 1-11.
Syaifullah, H; dkk. (2020). KKN Online UMJ: Terobosan Pembelajaran Berbasis Online di Era Pandemi dan Relevansinya Pasca Pandemi. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ, 1-12.
Syaifullah, H. (2019). Pengembangan SDM Syariah Melalui Perguruan Tinggi: Studi Kasus di Program Studi Manajemen Perbankan Syariah FAI UMJ. BISNIS: Jurnal Bisnis dan Manajemen Islam, 7 (2), 217-232.
Syardiansah. (2019). Peranan Kuliah Kerja Nyata Sebagai Bagian Dari Pengembangan Kompetensi Mahasiswa: Studi Kasus Mahasiswa Universitas Samudra KKN Tahun 2017, 7 (1), 57-68.
Undang-Undang No. 12 tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi.
Winarsih, S. (2017). Kebijakan dan Implementasi Manajemen Pendidikan Tinggi dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Cendikia: Jurnal Kependidikan dan Kemasyarakatan, 15 (1), 51-66.
Yamin, Muhammad; Syahrir.(2020). Pembangunan Pendidikan Merdeka Belajar: Tela’ah Metode Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6, (1), 126-136.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:
==============================================================================================================
Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756
E-ISSN: 2714-6286
==============================================================================================================