PENDIDIKAN PERTANIAN MENUJU KEMANDIRIAN PEMENUHAN KEBUTUHAN DAPUR KELUARGA SEHAT DAN BAHAGIA

Misriandi Misriandi, Dessy Iriani Putri, Sularno Sularno, Farihen Farihen, Rinanto Rinanto

Abstract


Kegiatan pengabdian masyarakat ini ditujukan untuk anggota Hizbul Wathan Kota Tangerang Selatan. Beberapa tahun belakangan ini pangan menjadi permasalahan yang dihadapi oleh dunia internasional dan tentunya juga oleh keluarga anggota HW Tangerang Selatan. Permasalahan pangan yang terjadi dikarenakan permintaan akan produk pangan dari sektor pertanian mengalami kenaikan yang menyebabkan harga komoditas pertanian meningkat. Selain permasalahan pangan, permasalahan lingkungan juga menjadi perhatian oleh anggota HW Tangerang Selatan. Kepadatan penduduk yang terus meningkat khususnya di wilayah Tangerang Selatan mempengaruhi kualitas kota yaitu pada penghasil limbah serta pencemaran lingkungan. Sehingga tujuan dari kegiatan pengabadian masyarakat ini adalah anggota HW Tangerang Selatan dapat memenuhi kebutuhan pangan rumah tangganya dengan menanam di pekarangan dan mengolah limbah dapur menjadi pupuk dan pestisida organik. Metode yang dilakukan adalah edukasi dengan penyampaian materi, praktik, dan evaluasi. Hasil dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah peserta berhasil menanam tanaman sayuran dengan pertumbuhan tanaman yang baik. Selain itu juga peserta sangat antusias untuk menanam tanaman lain di pekarangan rumahnya, yang ditunjukkan dengan banyaknya pertanyaan mengenai tips memilih tanaman yang mudah dan murah untuk di tanam di pekarangan

Full Text:

PDF

References


Chusna, P. (2017). Pengaruh Media Gadget pada Perkembangan Karakter Anak. Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Sosial Keagamaan, 17(2).

Gesriantuti, N., Elsie, Harahap, I., Herlina, N., & Badrun, Y. (2017). Pemanfaatan Limbah Organik Rumah Tangga dalam Pembuatan Pupuk Bokashi di Kelurahan Tuah Karya, Kecamatan Tampan, Pekanbaru. Jurnal Pengabdian Untumu Negeri, 1(1), 72-77.

Hamzah, A., & Lestari, S. (2017). Rumah Pangan Lestari Organik sebagai Solusi Peningkatan Pendapatan Keluarga. JAPI (Jurnal Akses Pengabdian Indonesia), 1(1), 65-72.

Hidayati. (2012). Distilasi Minyak Atsiri dari Kulit Jeruk Pontianak dan Pemanfaatannya. Biopropal industri, 3(2), 44.

Laila, A. (2014). Gerakan Masyarakat dalam Pelestarian Lingkungan Hidup (Studi tentang Upaya Menciptakan Kampung Hijau di Kelurahan Gundih Surabaya). Jurnal Politik Muda, 3(3), 283-302.

Mabel, J. M., & Tuhuteru, S. (2020). Pemanfaatan Limbah Rumah Tangga sebagai Kompos Pada Tanaman Bawang Merah (Allium cepa var. Agregatum L.). Agritrop, 18(1), 51-59.

Mokhtar, N., & Susilo, H. (2017). Pengaruh Pelatihan terhadap Kompetensi (Penelitian tentang Pelatihan pada Calon Tenaga Kerja Indonesia di PT Tritama Bina Karya Malang). Jurnal Administrasi Bisnis., 50(6), 19-26.

Republik Indonesia. (2012). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2012 Tentang Pangan. Jakarta.

Republik Indonesia. (2015). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2015 Tentang Ketahanan Pangan dan Gizi. Jakarta.

Septya, F., Rosnita, Yulida, R., & Andriani, Y. (2022). Urban Farming sebagai Upaya Ketahanan Pangan Keluarga di Kelurahan Labuh Baru Timur Kota Pekanbaru . Reswara : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 105-114.

Simatupang, P. (2016). Pertumbuhan Ekonomi dan Nilai Tukar Barter Sektor Pertanian. Jurnal Agro Ekonomi, 11(1), 37-50.

Soesanto, L. (2008). Pengantar Pengendalian Hama Penyakit Tanaman. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Suprayekti, & Anggraeni, S. (2016). Pelaksanaan Program Workshop “Belajar Efektif” untuk Orang Tua. Jurnal Ilmiah VISI PGTK PAUD dan DIKMAS, 12(2).

Wahyulestari, M., & Wardyaningrum, D. (2022). Sosialisasi pada Ibu tentang Pengenalan Aneka Varian Pangan Berbahan Dasar Susu untuk Anak Usia Dini Melaui Komunikasi Interaktif. Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Humaniora, 1(4), 230-238.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ