PENDAMPINGAN PENYUSUNAN MODUL PENDIDIKAN IPS BAGI GURU SEKOLAH DASAR TANGERANG SELATAN

Mas Roro Diah Wahyu Lestari, Lativa Qurrotaini, Muhammad Yusuf

Abstract


Saat ini banyak terdapat bahan ajar berupa modul yang dapat dimanfaatkan, namun terkadang permasalahannya minim kontekstual jika dikaitkan dengan kondisi siswa,  sarana dan prasarana juga sangat terbatas. Guru sebagai pengajar profesional dituntut bisa menyusun bahan ajar sendiri sesuai dengan kondisi siswa dan kebutuhannya. Cara dalam meningkatkan mutu pembelajaran adalah salahsatunya dengan penyusunan bahan ajar berupa modul yang kontekstual dan dapat dipelajari secara mandiri. Kondisi demikian tidak didukung oleh kemampuan yang dimiliki oleh guru. Permasalahan yang terjadi sekarang masih banyak guru yang merasa kesulitan dalam membuat modul, hal ini disebabkan karena keterbatasan kemampuan guru dalam teknik pembuatan modul. Dari permasalahan yang ada, maka solusi yang bisa dilaksanakan yaitu melakukan pendampingan penyusunan modul bagi guru SD Tangerang Selatan supaya para guru bisa mengoptimalkan kemampuan yang dimiliki. Pelaksana kegiatan terdiri dari dosen dan mahasiswa, telah memiliki kemampuan dan pengalaman yang berkaitan dengan pembuatan modul, karena merupakan salah satu bidang ilmu yang telah dimiliki. Kegiatan pendampingan penyusunan modul pendidikan IPS bagi guru sekolah dasar tangerang selatan telah selesai dilakukan. Hasilnya berupa modul pembelajaran IPS Ber ISBN dan memiliki HKI.  Kesimpulannya, kegiatan tersebut berjalan lancar sesuai dengan rencana. Guru-guru mulai terbiasa dan mengetahui bagaimana teknik penyusunan modul sehingga guru sebagai pengajar profesional dapat membuat bahan ajar sendiri yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan siswa.

Full Text:

PDF

References


Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah

Fuad Abd. Rachman (2018) Pelatihan Dan Pembimbingan Pembuatan Modul Bagi Guru Kimia Sma Di Lubuklinggau, Musirawas Dan Musirawas Utara. Sriwijaya: Jurnal Pengabdian Sriwijaya

Nasution, S. 2000. Berbagai Pendekatan dalam Prose Belajar-Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Nana Sudjana (2002;132) Pengertian Modul Pembelajaran. Informasi Pendidikan dan kebudayaan


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ