PENDAMPINGAN PELESTARIAN KAWASAN BERSEJARAH DENGAN KEGIATAN PEMETAAN CAGAR BUDAYA DI KOTA PUSAKA PARAKAN, JAWA TENGAH

Ari Widyati Purwantiasning, Saeful Bahri, Yeptadian Sari, Lutfi Prayogi, Dedi Hantono

Abstract


Kegiatan pendampingan pelestarian kawasan bersejarah ini merupakan rangkaian kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat yang dilakukan oleh Program Studi Arsitektur bekerjasama dengan Program Studi Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jakarta. Kegiatan ini dilaksanakan selama bulan Februari 202tanggal 2-Juni 2022 antara dosen dan mahasiswa Tim Pelaksana PengabdianKepada Masyarakat. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk membantu, khususnya masyarakat yang tergabung dalam LSM Nata Parakan Luwes (NPL) dan Pusat Informasi Pariwisata Parakan (PIPPA), dalam mengelola pelestarian kawasan bersejarah di Kota Warisan Parakan. Kegiatan komprehensif yang terdiri dari tiga tahap kegiatan ini masih berlangsung untuk beberapa waktu mendatang. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah dengan melakukan observasi lapangan langsung terhadap studi kasus, melakukan diskusi kelompok terstruktur dan melakukan kajian pemetaan dan pengelompokan cagar budaya di dalam Kota Warisan Parakan. Semoga dengan adanya penelitian ini, komunitas Parakan yang tergabung dalam LSM NPL dan PIPPA dapat memiliki pedoman untukmelestarikan kawasan bersejarah di Kota Warisan Parakan.


Full Text:

XML

References


Direktorat Jendral Ciptakarya. (diakses 28 Agustua 2021). Program Penataan dan Pelestarian Kota Pusaka. http://sim.ciptakarya.pu.go.id/kota pusaka/page/3-program-penataan- dan-pelestarian-kota-pusaka-p3kp

Fitasari, Nofika. and R. Kurniati. (2018). Upaya Pelestarian Kawasan Bersejarah Kota Pusaka Parakan, Kabupaten Temanggung. Jurnal Ruang, Vol. 4 No.1, pg. 48-56.

Marnala, Milana Angelika. Medtry. Lestari, Fiona. (2020). Kajian Pelestarian dan Pengelolaan Kawasan Cagar Budaya di Kota Lama Semarang.

TECHNOPEX 2020 Institut Teknologi Indonesia.

Navapan, N. and K. Oonprai. (2019). Integration of historic places in new urban development: A case study of Phitsanulok, Thailand. Geographia Technica, 14: 22-31.

Purwantiasning, AW, Kurniawan, KR. (2017). Prosiding Seminar Heritage IPLBI 2017: Kota Pusaka dan Pemikiran Kembali tentang Historical Attachment dalam Persepsi Masyarakat. Dipresentasikan dalam Seminar Heritage Ikatan Peneliti Lingkungan Binaan Indonesia 2017. Cirebon, 2017.

Purwantiasning, AW, Kurniawan, KR., Suniarti, PMPS. (2019). Reading Activities in Kauman Area, Parakan, Indonesia, During Colonial Era Using Mapping Analysis. International Journal of Geography and Geology, Vol. 8 No. 9, pg. 34-43. Conscientia Beam Publisher.

Purwantiasning, AW; Bahri, S; Hantono, D; Prayogi, L; Sari, Y. (2021). Pendampingan Pelestarian Kawasan Bersejarah Dengan Kegiatan Identifikasi Issue dan Masalah Pada Kota Pusaka Parakan. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat, 2021. Didiseminasikan pada 28 Oktober 2021.

Pemerintah Republik Indonesia. (2010). Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2010 tentang Cagar Budaya.

Peraturan Menteri PUPR No. 1 tahun 2015 tentang Bangunan Gedung Cagar Budaya yang Dilestarikan.

Syaiful, Muhammad. (2016). Pemanfaatan Benda Cagar Budaya sebagai Potensi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bagi Masyarakat Sekitar di Kota Pontianak Kalimantan Barat. Jurnal Sejarah dan Budaya. Vol.10 No.2, pg. 222-233. http://dx.doi.org/10.17977/sb.v10i2.7671


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ