PENYULUHAN PENATAAN TAMAN RUMAH TINGGAL DI LINGKUNGAN RW 15 DAN RW 18 PERUM DUTA MEKAR ASRI DESA CILEUNGSI KIDUL, KECAMATAN CILEUNGSI, KABUPATEN BOGOR, JAWA BARAT

Finta Lissimia, A. Anisa, A. Ashadi, Yukarie Ayu Wulandari, Raihan Nur Said

Abstract


Unsur alam pada rumah tinggal merupakan elemen yang dapat memberi dampak positif pada penggunanya. Unsur alam memiliki banyak manfaat baik secara estetis maupun secara kesehatan. Di masa pandemi covid-19 terjadi perubahan tatanan dalam berkehidupan termasuk juga pada penggunaan ruang. Ruang-ruang dalam rumah menjadi lebih sering digunakan dengan kegiatan yang bervariasi karena adanya bekerja dari rumah dan belajar dari rumah. Pada tahun 2022 ini pandemi covid-19 sudah melandai, namun tatanan berkehidupan khususnya berkaitan dengan ruang mengalami perubahan. Sehingga dibutuhkan ruang-ruang yang nyaman secara dimensi, pencahayaan, dan penghawaan untuk mendukung kegiatan tersebut. Salah satu yang digunakan adalah tanaman sebagai unsur alam yang melembutkan, menyehatkan, dan membuat lebih santai. Pengabdian masyarakat ini bertema penyuluhan taman rumah tinggal, yang diajukan berdasarkan kebutuhan mitra. Penyuluhan untuk mengedukasi mitra tentang manfaat dan desain taman terutama pada lahan terbatas di lingkungan rumah tinggal. Mitra pengabdian masyarakat adalah warga RT 15 dan RT 18 Perumahan Duta Mekar Asri, Desa Cileungsi Kidul, Kecamatan Cileungi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Metode pelaksanaan pengabdian masyarakat dilakukan secara hybrid. Sebagai pelengkap penyuluhan, diadakan kunjungan pada salah satu rumah untuk memberikan masukan berkaitan dengan desain taman. Kesimpulan akhir dari kegiatan ini adalah perlunya memahami dan menerapkan unsur alam berupa taman di lingkungan terdekat dalam rumah. Karena manfaat taman meliputi manfaat secara estetika, kesehatan dan lingkungan. Pembuatan taman bisa dilakukan pada lahan yang sempit maupun lahan sisa di sekitar rumah. Selain itu juga penting melakukan penanaman taman dengan pepohonan asli karena akan lebih memberi manfaat.

Full Text:

PDF

References


Ashari, Saptana, & Purwantini, T. B. (2012). Potensi dan prospek pemanfaatan lahan pekarangan untuk mendukung ketahanan pangan. FORUM PENELITIAN AGRO EKONOMI, Volume 30 No. 1, Juli 2012 : 13 - 30

Dahlan, D. T. (2019). DEKORASI TAMAN VERTIKAL PADA RUMAH MINIMALIS (Doctoral dissertation, Universitas Mercu Buana Jakarta).

Desiliyarni, I. T., Msi, D., Astuti, Y., & Fauzy, I. F. (2003). Vertikultur; Teknik Bertanam di Lahan Sempit. AgroMedia.

Muftiar, R. (2016). Perancangan Media Kampanye membuat Taman Rumah (Doctoral dissertation, Universitas Komputer Indonesia).

Simangunsong, N. I., Besila, Q. A., Debora, T. P., & Sintorini, M. M. (2022). PENYULUHAN DESAIN TAMAN RUMAH TINGGAL YANG EKOLOGIS DI RW 07 KELURAHAN RAWABUNTU SERPONG, TANGERANG. Jurnal AKAL: Abdimas dan Kearifan Lokal, 3(1), 60-68.

Sintia, M. (2004). Mendesain, membuat, dan merawat taman rumah. AgroMedia


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ