MENUJU UMKM TANGGUH DAN BERKELANJUTAN PASCA PANDEMI: OPTIMALISASI DIGITALISASI PEMASARAN DAN KEUANGAN DI WILAYAH CIPUTAT TIMUR, TANGERANG SELATAN

Luqman Hakim, Diana Diana, Syifa Astasia Utari, Rahmanda Rizki Hantoro

Abstract


Situasi Pandemi menyebabkan adanya perubahan pola perilaku konsumsi masyarakat sedemikian rupa, sehingga menuntut para pelaku UMKM untuk menyusun strategi yang kreatif dan inovatif agar mampu beradaptasi dengan perubahan. Para pelaku UMKM dituntut untuk mampu beradaptasi dan bertahan dengan perubahan tersebut. Beberapa upaya strategi yang perlu dilakukan diantaranya adalah peningkatan kompetensi yaitu melalui optimalisasi Digitalisasi Pemasaran dan Keuangan. Pengabdian Masyarakat ini bertujuan untuk membantu pelaku UMKM agar mampu beradaptasi menghadapi situasi pasca pandemi, dengan memanfaatkan media digital sebagai sarana komunikasi pemasaran dengan calon konsumen terkait produk yang ditawarkan serta pemahaman mengenai pemanfaatan keuangan digital , sehingga diharapkan para pelaku UMKM dapat menjalankan usahanya secara berkelanjutan dan memahami penataan pengelolaan keuangan yang baik. Menggunakan metode pelatihan secara luring terkait pemasaran digital, pengelolaan keuangan, serta perencanaan kampanye produk, perencanaan media digital, dan pengemasan visualisasi produk sebagai konten media digital.  Pelaksanaan Pengabdian Masyarakat ini akan berkolaborasi beberapa dosen ahli sesuai dengan keilmuan, juga dengan mitra Komunitas UMKM yang berada di sekitar Universitas Muhammadiyah Jakarta yang dijadikan sebagai target audience pada program Pengabdian Masyarakat ini, yaitu Komunitas UMKM di Wilayah Kecamatan Ciputat Timur, Tangerang selatan.


Full Text:

PDF

References


Alfin, A. (2021). Analisis strategi UMKM dalam menghadapi krisis di era pandemi COVID-19. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(8), 1543–1552.

Arianto, B. (2020). Pengembangan UMKM digital di masa pandemi covid-19. ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis (e-Journal), 6(2), 233–247.

Diana, D., & Sunarti, S. (2019). PEMBINAAN PELAKU USAHA KREATIF DAN PENGRAJIN KECAMATAN CIPUTAT TIMUR TANGERANG SELATAN. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ.

Diana, D., Hakim, L., & Fahmi, M. (2022). ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KINERJA UMKM DI TANGERANG SELATAN. Jurnal Muhammadiyah Manajemen Bisnis, 3(2), 67–74.

Hakim, L., Diana, D. & Lailla, N. (2021). PENGUATAN DAN PENDAMPINGAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DI ERA PANDEMI. Indonesian Journal of Economic Community Development, 2(1), 74–80.

Tentama, F., Pranungsari, D., & Tarnoto, N. (2017). Pemberdayaan komunitas anak jalanan Yogyakarta melalui bermain peran. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(1), 11-18. Retrieved from http://ojs.ejournal.id/index.php/ppm/article/view/74

Wilkinson, R. (1999). Sociology as a marketing feast. In M. Collis, L. Munro, & S. Russell (Eds.), Sociology for the new millennium. Paper presented at The Australian Sociological Association, Monash University, Melbourne, 7-10 December (pp. 281-289). Churchill: Celts.

Makmara. T. (2009). Tuturan persuasif wiraniaga dalam berbahasa Indonesia: Kajian etnografi komunikasi. (Unpublished master’s thesis) Universitas Negeri Malang, Malang, Indonesia.

Raharjo, T. W. (2019). Penguatan Strategi Pemasaran dan Daya Saing UMKM Berbasis Kemitraan Desa Wisata. Jakad Media Publishing.

Wijoyo, Hadion, et al. 2020.

Digital Economy dan Pemasaran Era New Normal. Solok: Insan Cendekia Mandiri.

Wijoyo, Hadion, 2020.

Digitalisasi Umkm Pasca Pandemi Covid19 di Riau. Prosiding Konferensi Nasional Administrasi Negara Sinagara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ