STRATEGI PENGELOLAAN SUMBER DAYA MANUSIA (SDM) UNGGUL PASCA PANDEMI BAGI PELAKU UMKM DI WILAYAH CIPUTAT TIMUR, TANGERANG SELATAN

Diana Diana, Nuraeni Nuraeni, Dina Febriani, Dini Hadiati Putri Kinasih

Abstract


Fenomena pandemic Covid-19 memaksa kita untuk dapat merubah pola hidup dan bekerja yang berbeda dari sebelumnya. Data survei LIPI menunjukkan bahwa selama pandemi, 94,69% UMKM mengaku sudah mengalami dampak negatif Covid-19 terhadap bisnisnya dan 75% diantaranya mengalami penurunan penjualan yang signifikan. Tujuan diadakannya kegiatan ini adalah agar pelaku UMKM Wilayah Ciputat Timur mampu menggunakan strategi pengelolaan SDM Unggul dengan tujuan mempertahankan eksistensi bisnis mereka dan meningkatkan produktivitas usahanya. Metode pelaksanaan dilakukan dengan cara  pemaparan materi, ceramah, dan diskusi atau tanya jawab dengan khalayak sasaran yang dipilih adalah pelaku UMKM di wilayah Ciputat Timur, Tangerang Selatan.


Full Text:

PDF

References


Diah Y, dkk. (2021). Strategi Mengelola SDM Unggul dalam Tatanan New Normal bagi Pelaku UMKM di Kota Palembang. Journal of Sriwijaya Community Services, 2(1). Retrieved fromhttp://jscs.ejournal.unsri.ac.id/index.php/jscs.

Eka, D, dkk. (2022). Peranan Kompetensi SDM dalam Meningkatkan Industri UMKM di Kecamatan Ilir Barat II Palembang. Journal of Sriwijaya Community Services, 3(1). Retrieved fromhttps://media.neliti.com/media/publications/537157-none-61dce982.pdf.

Erdawati, dan Desda. (2021). Pandemi Covid-19 Dampaknya terhadap Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah di Pasaman Barat. Jurnal Ilmu Manajemen Retail, 2(1). Retrieved fromhttps://jurnal.ummi.ac.id/index.php/jimat/article/view/1173.

Makmur, T. dan Suprayoga. (2020). Strategi Pemulihan Perekonomian Terdampak Covid-19 melalui Perencanaan Pembangunan SDM Unggul Berbasis Industri 4.0. Majalah Media Perencana Perkumpulan Perencana Pembangunan Indonesia, 1(1). Retrieved from https://mediaperencana.perencanapembangunan.or.id/index.php/mmp/article/view/7.

Nurhayanto, dkk. (2021). Pembentukan SDM Kompetitif, Mandiri, Berkualitas, dan Unggul, serta Inovatif di Era Digitalisasi dan Kondisi Pandemik Covid-19. Jurnal Abdi Masyarakat Humanis, 3(1). Retrieved from http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/JAMH/article/view/12161/8018.

Yudianto, A dan Meddy. (2021). Strategi Inovasi dan Rencana Implementasi untuk Mendorong SDM Unggul di Masa Pandemi. Jurnal Indonesia Sosial Sains, 2(1). Retrieved from https://jiss.publikasiindonesia.id/index.php/jiss/article/view/148/185 .

Qifari, M. (2022). Peranan Kompetensi SDM dalam Meningkatkan Kinerja UMKM di Kabupaten Lombok Tengah (Studi Kasus di Home Industri Tempe Desa Jelantik). Journal of Innovation Research and Knowledge, 2(3). Retrieved from https://www.bajangjournal.com/index.php/JIRK/article/view/3135/2251.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ