PEMANFAATAN APLIKASI AKUNTANSI BERBASIS ANDROID PADA CAFÉ KOELI KOPITIAM

Nor Lailla, M.Irfan Tarmizi2

Abstract


Usaha rumahan suatu jenis usaha atau bisnis dengan lokasinya bertempat di rumah pemilik bisnis. Dengan demikian pelaku usaha tidak perlu untuk menyewa tempat usaha, bahkan pemilik bisnis juga tidak harus memiliki properti tertentu. Pemilik usaha harus tetap menjalankan bisnis dari tempat yang sama dengan tempat tinggal mereka. Namun pelaku usaha belum sepenuhnya memahami laporan keuangan dalam hal pencatatan keuangan kegiatan usahanya. Sehingga pelaku usaha tidak mengetahui omset pendapatan yang di peroleh pelaku usaha.  Tujuan dari pengabdian masyarakat adalah meningkatkan pemahaman pelaku usaha mengenai praktik akuntansi.Praktik akuntansi yang diberikan adalah sistem pencatatan dan pelaporan transaksi dengan menggunakan aplikasi online. Metode yang dilakukan yaitu dengan Metode Ceramah, Metode Tutorial dan Metode Diskusi. Hasil di dapat bahwa pelaku usaha mulai memahami laporan keuangan dan memahami akan aplikasi akuntansi berbasis online. Kesimpulan pada pengabdian masyarakat ini pelaku usaha memahami adanya  Aplikasi akuntansi bagi pelaku usaha rumahan. yang dapat secara mudah dan dapat membantu pelaku usaha rumahan dapat menjalankan usahanya dengan cara menghasilkan suatu informasi berupa laporan keuangan yang berguna untuk mendukung keberlangsungan pelaku usaha rumahan


Full Text:

PDF

References


Anwar, S., Muchtar, A. M., & Mahatmyo, A. (2018). Implementasi Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik Dalam Penyusunan Laporan Keuangan Pada Usaha Kecil dan Menengah (Studi Kasus Toko Mauluin’s Brownies). ACCOUNT: Jurnal Akuntansi Keuangan Dan Perbankan, 5(1).

Fitari, T., & Hartati, L. (2022). Analisis Penerapan Digitalisasi Laporan Keuangan pada Usaha Kecil (Studi pada Usaha Kecil Kuliner di Kota Pangkalpinang). Equity: Jurnal Ekonomi, 10(1), 72–84.

Harahap, S. S. (1998). Analisis kritis atas laporan keuangan.

Khairullah, K. (2019). Sistem Pencatatan dan Pengolahan Keuangan Pada Aplikasi Manajemen Keuangan E-Dompet Berbasis Android. Journal of Technopreneurship and Information System, 2(1), 24–29.

Musapa, M., Amelia, R., & Faturrohman, T. F. (2022). KEUANGAN DAN PENGETAHUAN AKUNTANSI SERTA PENGARUH KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PADA UMKM DI SUKABUMI. SENMABIS: Conference Series, 1(1), 64–71.

Rahayu, P. A., Elvira, S. F., Liu, F., & Ratna, M. P. (2021). Pendampingan Penyusunan Laporan Keuangan untuk Pemilik UMKM Sesuai dengan SAK EMKM dan Perhitungan Pajak. Abdimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Merdeka Malang, 6(2), 196–209.

Ria, A. (2018). Analisis Penerapan Aplikasi Keuangan Berbasis Android pada Laporan Keuangan UMKM Mekarsari Depok. Sosio E-Kons, 10(3), 207–2019.

Supiandi, G., Amalya, N. T., & Saparudin, U. (2022). Pelatihan Laporan Keuangan Usaha Kecil Menengah Pada Usaha Rumahan Ibu-Ibu Rumahtangga yang Tergabung Dalam PKK RT 002 RW 008 Kelurahan Serpong Tangerang Selatan. Abdimas Awang Long, 5(2), 49–52.

Tarmizi, M. I. (2021). PENGARUH LABEL, VIDEO PRODUK DAN LAPORAN KEUANGAN ONLINE UNTUK PENGEMBANGAN USAHA PADA USAHA RUMAHAN KERIPIK TEMPE WIWIN. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ, 1(1).

Winarno, S. H. (2017). Penilaian Kinerja Keuangan Perusahaan Melalui Analisis Profitabilitas. Jurnal Moneter, 4(2), 106–112.

Yuesti, A., & Kepramareni, P. (2019). Manajemen Keuangan Jendela Pengelolaan Bisnis. CV. Noah Aletheia.

Yuliani, R., Anwar, K., & Rahmatiasari, A. (2021). Pendampingan Pembuatan E-Marketplace dan Laporan Keuangan pada UP2K" Mulan" Khususnya Dasa Wisma" Mawar". Jurnal Pengabdian ILUNG (Inovasi Lahan Basah Unggul), 1(2), 112–123.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ