PELAKSANAAN KEGIATAN PENGABDIAN MASYARAKAT PADA POLA ASUH ORANG TUA DALAM MEMBENTUK ANAK KREATIF DAN BERKARAKTER QUR’ANI DI DESA BOJONG KULUR BOGOR

Authors

  • Zulfitria Zulfitria Teknologi Pendidikan, Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Saiful Bahri Manajemen Pendidikan Islam, Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Yassin Effendi Pendidikan Teknologi Informasi, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Zainal Arif Perbankan Syariah, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Tyasti Aryandini Teknologi Pendidikan, Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Jakarta

Abstract

Menjadi orang tua tidak mudah, apalagi sejak adanya pandemic covid 19, orangtua selain mengasuh anak-anaknya juga menjadi seorang guru yang mendampingi pula anak-anaknya di rumah. Selama pandemi otomatis guru dan orang tua bersinergi dalam pelaksanaan pembelajaran. Semuanya harus seimbang dan diselaraskan dengan tujuan yang hendak dicapai. Sayangnya tidak semua orang tua mengetahui ilmu mengasuh anak, mengetahui bagaimana bersikap terhadap perubahan anaknya. Banyak orang tua berusaha untuk memahami karakter anak, tapi justru malah mengekang kebebasan anak tanpa memberikannya hak untuk membela diri. Akibatnya, para orangtua mengeluhkan perilaku anak-anaknya yang tidak dapat diatur, bahkan terkadang bertindak melawan kepada orang tua. Orang tua terkadang juga tidak bisa mengontrol diri atau bersikap baik dihadapan anak–anaknya ketika sedang kelelahan ataupun ada masalah lainnya. Kegiatan pegabdian masyarakat ini berupa seminar parenting yang dilaksanakan pada 1 Sepember 2022 di Mesjid Alfath Desa Bojong Kulur-Bogor. Metode yang dilakukan dalam bentuk seminar berupa ceramah, diskusi dan tanya jawab. Diharapkan dengan adanya seminar parenting ini dapat berbagi pengalaman para orang tua dalam pengasuhan dan memahami yang terjadi pada karakter anak sehingga dapat membentuk anak kreatif dan berkarakter qurani.

Author Biographies

Zulfitria Zulfitria, Teknologi Pendidikan, Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Jakarta

Teknologi Pendidikan, Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Jakarta

Saiful Bahri, Manajemen Pendidikan Islam, Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Jakarta

Manajemen Pendidikan Islam, Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Jakarta

Yassin Effendi, Pendidikan Teknologi Informasi, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta

Pendidikan Teknologi Informasi, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta

Zainal Arif, Perbankan Syariah, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta

Perbankan Syariah, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta

Tyasti Aryandini, Teknologi Pendidikan, Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Jakarta

Teknologi Pendidikan, Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Jakarta

References

Depag RI. (2006) Al-Qur'an Tajwid dan Terjemahannya. Bandung: Syaamil Al-Qur'an.

Depdiknas. (2004). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Ilahi, Mohammad Takdir. (2013). Quantum Parenting: Kita Sukses Mengasuh Anak Secara Efektif dan Cerdas. Yogyakarta: Katahati.

Mansur. (2011). Pendidikan Anak Usia Dini dalam Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Nawawi, Imam. (2009). Syarah & Terjemahan Riyadhus Sholihin jilid 2. Jakarta: Al-I'tishom.

Roini, Siti. (2018). Peran pola asuh orang tua terhadap pembentukan karakter pada anak Universitas Ibn Khaldun Bogor, Indonesia. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah. Vol. 12, No. 1, 2018, hal 21-32

Sukitman, Tri. (2015). Panduan Lengkap dan Aplikatif Bimbingan Konseling Berbasis Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Diva Press.

Syamaun, Nurmasyithah (2012). Dampak Pola Asuh Orang Tua dan Guru Terhadap Kecenderungan Perilaku Agresif Siswa, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Wibowo, Agus. (2013). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Downloads

Published

2022-11-20