PELAKSANAAN KEGIATAN PENGABDIAN MASYARAKAT PADA POLA ASUH ORANG TUA DALAM MEMBENTUK ANAK KREATIF DAN BERKARAKTER QUR’ANI DI DESA BOJONG KULUR BOGOR

Zulfitria Zulfitria, Saiful Bahri, Yassin Effendi, Zainal Arif, Tyasti Aryandini

Abstract


Menjadi orang tua tidak mudah, apalagi sejak adanya pandemic covid 19, orangtua selain mengasuh anak-anaknya juga menjadi seorang guru yang mendampingi pula anak-anaknya di rumah. Selama pandemi otomatis guru dan orang tua bersinergi dalam pelaksanaan pembelajaran. Semuanya harus seimbang dan diselaraskan dengan tujuan yang hendak dicapai. Sayangnya tidak semua orang tua mengetahui ilmu mengasuh anak, mengetahui bagaimana bersikap terhadap perubahan anaknya. Banyak orang tua berusaha untuk memahami karakter anak, tapi justru malah mengekang kebebasan anak tanpa memberikannya hak untuk membela diri. Akibatnya, para orangtua mengeluhkan perilaku anak-anaknya yang tidak dapat diatur, bahkan terkadang bertindak melawan kepada orang tua. Orang tua terkadang juga tidak bisa mengontrol diri atau bersikap baik dihadapan anak–anaknya ketika sedang kelelahan ataupun ada masalah lainnya. Kegiatan pegabdian masyarakat ini berupa seminar parenting yang dilaksanakan pada 1 Sepember 2022 di Mesjid Alfath Desa Bojong Kulur-Bogor. Metode yang dilakukan dalam bentuk seminar berupa ceramah, diskusi dan tanya jawab. Diharapkan dengan adanya seminar parenting ini dapat berbagi pengalaman para orang tua dalam pengasuhan dan memahami yang terjadi pada karakter anak sehingga dapat membentuk anak kreatif dan berkarakter qurani.


Full Text:

PDF

References


Depag RI. (2006) Al-Qur'an Tajwid dan Terjemahannya. Bandung: Syaamil Al-Qur'an.

Depdiknas. (2004). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Ilahi, Mohammad Takdir. (2013). Quantum Parenting: Kita Sukses Mengasuh Anak Secara Efektif dan Cerdas. Yogyakarta: Katahati.

Mansur. (2011). Pendidikan Anak Usia Dini dalam Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Nawawi, Imam. (2009). Syarah & Terjemahan Riyadhus Sholihin jilid 2. Jakarta: Al-I'tishom.

Roini, Siti. (2018). Peran pola asuh orang tua terhadap pembentukan karakter pada anak Universitas Ibn Khaldun Bogor, Indonesia. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah. Vol. 12, No. 1, 2018, hal 21-32

Sukitman, Tri. (2015). Panduan Lengkap dan Aplikatif Bimbingan Konseling Berbasis Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Diva Press.

Syamaun, Nurmasyithah (2012). Dampak Pola Asuh Orang Tua dan Guru Terhadap Kecenderungan Perilaku Agresif Siswa, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Wibowo, Agus. (2013). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ