Manajemen Pengelolaan Sekolah TK Aisyiyah Bustanul Athfal 83 di Kelurahan Bambu Apus Kecamatan Pamulang Kota Tangerang Selatan

M. Yusuf, Ahmad susanto, Bambang Sutrisno

Abstract


Tujuan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk memetakan permasalahan yang terjadi di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 83 dan memberikan gambaran solusi dari permasalahan yang ada. Berdasarkan wawancara dengan kepala sekolah TK Aisyiyah Bustanul Athfal 83, terdapat empat masalah yang ada yaitu penyekatan ruangan, pengelolaan administrasi sekolah, kemampuan manajerial kepala sekolah, dan belum tersedianya website dan akun media sosial sekolah. Pemetaan masalah dapat membantu pengelola TK untuk menentukan prioritas penyelesaian masalah. Solusi yang ditawarkan adalah: 1) TK Aisyiyah Bustanul Athfal 83 dapat mengajukan proposal ke lembaga tertentu (misalnya LAZISMU) untuk membangun sekat ruangan; 2) Perlu pendampingan terkait pengelolaan administrasi program pengajaran, administrasi anak didik, administrasi kepegawaian, adminitrasi perlengkapan dan barang, administrasi keuangan, dan administrasi umum yang baik;      3) Kepala sekolah perlu meningkatkan kemampuan manajerial dan pengetahuan terkait pengelolaan TK; dan 4) Pendampingan pembuatan website dan media sosial untuk TK supaya promosi TK menjadi lebih luas ke masyarakat. Solusi yang ditawarkan oleh tim pengabdian masyarakat dapat dijadikan rangkaian kegiatan pengabdian masyarakat lanjutan berikutnya.


Full Text:

PDF

References


Dista, F. N. (2020). Manajemen Pendirian Taman Kanak-Kanak (Studi Kasus di TK Fastrack Funchool Yogyakarta). Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 8(2), 101-111.

Hasibuan, Malayu S.P. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.

Munastiwi, E. (2019). Manajemen Lembaga PAUD (Untuk Pengelola Pemula). Yogyakarta: CV Istana Agency.

Pentingnya Tahun Pertama Pendidikan Bagi Anak Usia Dini. (2020). (https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/07/pentingnya-tahun-pertama-pendidikan-bagi-anak-usia-dini, diakses 2 Juni 2022).

Peraturan Pemerintah. (2004). Undang-Undang No. 28 Tahun 2004 Pasal 1 Butir 1. Sekretariat Negara.

Rohmat. (2017). Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini. Yinyang: Jurnal Studi Islam, Gender dan Anak, 12(2), 299-325.

Samsiah, S., Fionasari, D., Ramashar, W., Lawita, N. F., Agustiawan., Putra, R. S., & Suriyanti, L. H. 2022. Penyusunan Laporan Keuangan Sekolah Taman Kanak-Kanak Berdasarkan Pendekatan ISAK 35. COMSEP: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 87-95.

Suyadi. (2014). Manajemen PAUD (TPA-KB-TK/RA) Mendirikan, Mengelola, dan Mengembangkan PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Yuntina, L. (2019). Early Childhood Education Management at the Kindergarten School. Proceedings of the International Conference on Education, Language and Society (ICELS 2019), 270-277.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ