Manajemen Pengelolaan Sekolah TK Aisyiyah Bustanul Athfal 83 di Kelurahan Bambu Apus Kecamatan Pamulang Kota Tangerang Selatan

Authors

  • M. Yusuf Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Jakarta,
  • Ahmad susanto rogram Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Bambang Sutrisno Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Jakarta,

Abstract

Tujuan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk memetakan permasalahan yang terjadi di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 83 dan memberikan gambaran solusi dari permasalahan yang ada. Berdasarkan wawancara dengan kepala sekolah TK Aisyiyah Bustanul Athfal 83, terdapat empat masalah yang ada yaitu penyekatan ruangan, pengelolaan administrasi sekolah, kemampuan manajerial kepala sekolah, dan belum tersedianya website dan akun media sosial sekolah. Pemetaan masalah dapat membantu pengelola TK untuk menentukan prioritas penyelesaian masalah. Solusi yang ditawarkan adalah: 1) TK Aisyiyah Bustanul Athfal 83 dapat mengajukan proposal ke lembaga tertentu (misalnya LAZISMU) untuk membangun sekat ruangan; 2) Perlu pendampingan terkait pengelolaan administrasi program pengajaran, administrasi anak didik, administrasi kepegawaian, adminitrasi perlengkapan dan barang, administrasi keuangan, dan administrasi umum yang baik;      3) Kepala sekolah perlu meningkatkan kemampuan manajerial dan pengetahuan terkait pengelolaan TK; dan 4) Pendampingan pembuatan website dan media sosial untuk TK supaya promosi TK menjadi lebih luas ke masyarakat. Solusi yang ditawarkan oleh tim pengabdian masyarakat dapat dijadikan rangkaian kegiatan pengabdian masyarakat lanjutan berikutnya.

Author Biographies

M. Yusuf, Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Jakarta,

Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Jakarta,

Ahmad susanto, rogram Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Bambang Sutrisno, Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Jakarta,

Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Jakarta,

References

Dista, F. N. (2020). Manajemen Pendirian Taman Kanak-Kanak (Studi Kasus di TK Fastrack Funchool Yogyakarta). Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 8(2), 101-111.

Hasibuan, Malayu S.P. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.

Munastiwi, E. (2019). Manajemen Lembaga PAUD (Untuk Pengelola Pemula). Yogyakarta: CV Istana Agency.

Pentingnya Tahun Pertama Pendidikan Bagi Anak Usia Dini. (2020). (https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/07/pentingnya-tahun-pertama-pendidikan-bagi-anak-usia-dini, diakses 2 Juni 2022).

Peraturan Pemerintah. (2004). Undang-Undang No. 28 Tahun 2004 Pasal 1 Butir 1. Sekretariat Negara.

Rohmat. (2017). Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini. Yinyang: Jurnal Studi Islam, Gender dan Anak, 12(2), 299-325.

Samsiah, S., Fionasari, D., Ramashar, W., Lawita, N. F., Agustiawan., Putra, R. S., & Suriyanti, L. H. 2022. Penyusunan Laporan Keuangan Sekolah Taman Kanak-Kanak Berdasarkan Pendekatan ISAK 35. COMSEP: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 87-95.

Suyadi. (2014). Manajemen PAUD (TPA-KB-TK/RA) Mendirikan, Mengelola, dan Mengembangkan PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Yuntina, L. (2019). Early Childhood Education Management at the Kindergarten School. Proceedings of the International Conference on Education, Language and Society (ICELS 2019), 270-277.

Downloads

Published

2022-11-20