PEMBINAAN DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT KAMPUNG HONJE DALAM MEMANFAATKAN SUMBER DAYA ALAM SETEMPAT DENGAN BERBASIS UMKM

D. Darto, Renti Anugerah Mahaji Puteri, Farhan Alfarabi, Dio Azriel Akbar, K. Kusnadi

Abstract


Kampung Bojong Honje merupakan desa yang memiliki banyak sumber daya alam, yang mana seharusnya dapat menjadikan sebuah dorongan dari kampung tersebut bergerak lebih maju dalam perokonomian. Dengan diadakan penilitian ini dimaksudkan agar kampung Bojong Honje dapat memanfaatkan sda yang ada untuk perekonomian kampung. Menggunakan metode perencanaan dan persiapan, dan pelaksanaan. Setelah melakukan pentelitian dengan metode tersebut, telah mendapatkan hasil dengan cara pengembangan ekonomi kreatif serta arah pengembangan pemasaran yang dimaksudkan dengan tujuan menggapai hasil produksi serta pencapaian dalam mendapatkan progres penjualan yang dapat mendorong perekonomian warga setempat. Kesimpulan yang bisa di ambil adalah, kampung Bojong Honje sendiri memiliki kapabilitas yang baik dari segi SDA atau SDM, hanya saja mereka belum tau arah serta cara dalam mengembangkan perekonomian mereka, maka dengan di adakannya penilitian dan pengembangan yang kita bawa dapat memberikan hasil yang dapat membantu mereka.


Full Text:

PDF

References


Pertanian. Jakarta. BPS.

Hermanto, N., & Swastika, D. K. S. (2011). Penguatan Kelompok Tani: Langkah Awal Peningkatan Kesejahteraan Petani. Analisis Kebijakan Pertanian, 9(4), 371–390.

Wrihatnolo, Randy R, Dwidjowijoto, Riant Nugroho, (2007), Manajemen Pemberdayaan, Sebuah Pengantar dan Panduan Untuk Pemberdayaan Masyarakat, Jakarta, PT. Gramedia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ