Perancangan Strategi Display Produk dan Tata Letak pada Kantin Putra dan Putri Di Pesantren Darul Hikmah, Tangerang.

Nurul Sriminarti, Liza Nora, H. Hartutik

Abstract


Pondok pesantren Darul Hikmah di Kabupaten Tangerang, Banten memiliki pemikiran tentang kemajuan ekonomi guna mengembangkan dan meningkatkan kegiatan dibidang kewirausahaan. Pesantren Darul hikmah memiliki binaan sebanyak 452 santri, dimana hal ini menjadi sebuah peluang pesantren yang telah mendirikan kantin putra dan putri di lingkungan Pesantren Darul Hikmah untuk memenuhi kebutuhan para santri dalam mengembangkan kegiatan berwirausaha. Namun dengan adanya lahan yang terbatas serta minimnya kesadaran akan menata display produk maka Tujuan pada kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah untuk membantu Pesantren Darul Hikmah dalam memanfaatkan strategi display produk dan tata letak untuk dapat memaksimalkan area. Pengumpulan data dilakkan dengan melakukan survei langsung ke lokasi pesantren darul hikmah, dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari kegiatan abdimas masyarakat ini menunjukkan 1) Menentukan strategi tata letak display produk dengan menggunakan window display dan Interior Display dengan menggunakan open display dan closed display, yang disesuaikan dengan kategori barang agar memudahkan transakri penjualan. 2) Menentukan strategi pemanfaatan area yang ada dalam mendesain/perancangan tata letak yang optimal dalam memaksimalkan penggunaan area. 


Full Text:

PDF

References


Baharudin., & Hafidh, A., (2018). Pesantren dan Kemandirian Perekonomian : Studi tentang kewirausahaan di ondok Pesantren Ar- Risalah Cijantung IV Ciamis. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3 (2).

Mardyanto, E. (2016). Manajemen Kewirausahaan Pondok Pesantren Berbasis Agrobisnis di PP Mukmin Mandiri dan PP Nurul Karomah. Jurnal Fikroh, 9 (2).

Qomariyah, R., & Soeprajitno. (2016). Studi Kurikulum Pesantren SMP Bilingual Terpadu Di Pesantren Modern Al-Amanah Junwangi Krian Sidoarjo. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 10(1), 1–7.

Pondok Pesantren Darul Hikmah. 05 Juli, 2022. website: https://darulhikmah.ponpes.id/


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ