PENDAMPINGAN BISNIS ISLAMI KEPADA UMKM CIPUTAT, CIPADU, DAN SEKITARNYA

Dahlia Tri Anggraini, Siti Hartinah, Rindu Ferdina Lestari, Iswan Iswan

Abstract


Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) merupakan tonggak perekonomian Indonesia. Pembinaan harus dilakukan untuk dapat meningkatkan atau minimal mempertahankan bisnis UMKM. Kita dapat meneladani Rasulullah saw yang berprofesi sebagai pebisnis atau pedagang sukses yang bersifat jujur, adil, amanah, dan transparan. Hal ini membawa hikmah dan keuntungan yang tak terduga. Subtema yang kami angkat dalam kegiatan pendampingan bisnis islami yaitu pendalaman bisnis Islami, pembukuan transaksi keuangan menurut Islam, pemasaran usaha pada market place menurut Islam, dan pembayaran zakat perniagaan atas hasil usaha. Kami merangkumnya dalam sebuah buku diktat yang dibagikan kepada pelaku UMKM. Terdapat dua UMKM yang kami dampingi yaitu Toko Tas Wanita di Ciputat dan Gudang Daster di Cipadu Larangan. Hasil pendampingan awal kami, Toko Tas Wanita berjenis usaha perdagangan tas preloved secara online di market place toko pedia. Gudang Daster berjenis usaha manufaktur pengepul kain perca dari penjahit kemudian diolah menjadi pakaian daster yang pemasarannya masih dilakukan secara manual. Dalam produksi dan penjualan, kedua UMKM ini sudah melakukan hal sesuai ajaran Islam yaitu jujur, transparan, amanah, dan adil, serta menggunakan akad (murabahah dan mudharabah). Namun pada Toko Tas Wanita masih ada penjualan barang lain yang dilakukan secara drop ship. Hal ini kurang sesuai dengan ajaran Islam di mana rukun akad murabahah bisa dilakukan jika barang dagangan milik penjual secara utuh. Dalam hal pembukuan, kedua UMKM sudah melakukannya menggunakan excel dan manual belum memakai aplikasi Si Apik. Dalam hal pembayaran zakat, kedua UMKM ini sudah melakukannya kepada masyarakat sekitar. Pendampingan akan terus dilakukan secara berkelanjutan.

 


Full Text:

PDF

References


Andriatie, Noor Hastuti. 2020. “Pemanfaatan E-Commerce Dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Bunga Hias Komunitas Lestari Cyclop di Jayapura”. The Community Engagement Journal, Vol 3 No 2, Juni 2020

Apriadi, Deni dan Saputra, A. Y., 2017. E-Commerce Berbasis Marketplace Dalam Upaya Mempersingkat Distribusi Penjualan Hasil Pertanian. Jurnal RESTI Vol. 1 No. 2. Lubuklinggau: STMIK Bina Nusantara Jaya.

Rosalinda, M., Abdullah, & Fadli. (2021). Pengauruh Pengetahuan Zakat, Pendapatan Dan Kepercayaan Muzakki Terhadap Minat Pelaku UMKM Untuk Membayar Zakat Niaga Di Organisasi Pengelola Zakat Kota Bengkulu. Jurnal Akuntansi Universitas Bengkulu Vol 11 no 1, 67-80.

Rosita, Ayu, (2018), Persepsi Risiko, Terhadap Kepuasan Melalui Kepercayaan Dalam E-Marketplace, Jurnal Ekobis Dewantara Vol. 1 No. 11 November

Simarmata, Mervyn Yudikaputra dkk., 2021, Mediasi Kepercayaan Konsumen Pada Hubungan Kualitas Produk Dan Persepsi Risiko Terhadap Keputusan Pembelian Di Marketplace (Survey pada Mahasiswa Universitas Sultan Ageng Tirtayasa), Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen Tirtayasa (JRBMT), Vol. 5 No. 1, 2021 hh. 33-47 | e-ISSN: 2599-0837.

Sirclo. 2020. “Jumlah Pengguna E-Commerce Indonesia di Tahun 2020 Meningkat Pesat”. https://www.sirclo.com/jumlah-pengguna-e-commerce-indonesia-di-tahun-2020-meningkat-pesat/ . Diakses tanggal 5 Juni 2021.

Wahyuni, Nuraida, dkk., (2018), Pengenalan Dan Pemanfaatan Marketplace E-Commerce Untuk Pelaku Ukm Wilayah Cilegon, Jurnal Dinamika, Fakultas Teknik, Jurusan Teknik Industri, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

www.ekon.go.id. (2022). Kemenko Perekonomian Luncurkan Unit Pengumpul Zakat, Dukung Pemulihan Ekonomi dan Inklusi Keuangan Syariah. Jakarta: Kementrian Koordinator Bidang Perekonomian RI.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ