Membangun Bisnis Online melalui Pelatihan Whatsapp Marketing pada UMKM Pelaku Bisnis Kopi Gayo Lues, Aceh

Jamiati KN, Velda Ardia Murdiana, Khairu Annisa, Annisa Amalia, Aisiyah Hidayat

Abstract


Perubahan perilaku pemasaran dari konvensional ke digital tidak diimbangi oleh keberadaan pelaku UMKM yang menggunakan digital marketing, padahal UMKM dipercaya memacu perekonomian Pemanfaatan konsep pemasaran berbasis digital menjadi harapan berkembang menjadi pusat kekuatan ekonomi. Media promosi digital diharapkan menjadi pilihan yang efektif untuk pelaku UMKM dalam mengembangkan bisnis dan menjangkau pasar nasional maupun internasional. Kopi gayo cukup terkenal di dunia karena memiliki aroma dan kenikmatan yang khas dan jika di cupping atau di test rasa dan aroma di daerah gayo hampir memiliki cita rasa. Salah satu penghasilan dari masyarakat gayo lues yaitu dari tani kopi. Mengingat semakin pesatnya perpindahan informasi melalui media digital dan pengguna, saat ini diera pandemic berbagai permasalahan yang dialamai oleh pelaku bisnis kopi mulai dari belum mahirnya dalam menggunakan digital marketing dengan efektif . Keterampilan dalam menguasai digital marketing sangat penting diberikan kepada pelaku UMKM di Gayo Lues, karena: Pertama , mereka belum menguasi pemasaran berbasis digital dengan efektif sehingga belum memanfaatkan digital marketing secara maksimal. Kedua, tanpa memiliki kompetensi ini (penguasaan digital marketing), maka akan menyulitkan para pelaku UMKM di Gayo Lues bersaing dalam perdagangan, sehingga keterampilan ini penting diberikan terlebih dahulu kepada para pelaku UMKM sebelum melakukan pendampingan kearah yang lainnya. Adapun UMKM   yang   dijadikan   objek pelatihan   adalah   UMKM   Pelaku Bisnis Kopi Kecamatan Pantan Cuaca Gayo Lues. Teknik pendampingan yang digunakan adalah teknik pendampingan terarah yang disesuaikan dengan kebutuhan. Hasil positif dan memuaskan dari pelatihan pemasaran berbasis digital khususnya whatsapp dan line ini merupakan langkah   awal   yang   dilakukan   team pengabdian dalam membantu pelaku usaha mikro kecil dan menengah untuk meningkatkan penjualan.

 


Full Text:

PDF

References


Augustinah, Fedianty dan Widayati. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Promosi Makanan Ringan Kripik Singkong di Kabupaten Sampang. DIALEKTIKA Jurnal Ekonomi dan Ilmu Sosial, Vol. 4, No. 2.

Bayu Bagas Hapsoro, 2019, Peran Digital Marketing sebagai Upaya Peningkatan Omset Penjualan Bagi Klaster UMKM di Kota Semarang, Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/abdimas/

Chaffey, Dave. 2019. Digital Marketing: Strategy, Planning and Implementation. and Practice. seventh edition. Prentice Hall.

Hartono. (2012). PAIKEM; Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan. Pekanbaru: Zanaf.

Kannan, P. K. 2017. Digital marketing: A framework, review and research agenda. International Journal of Research in Marketing. 34 (1): p.22-45.

Kertamukti Rama, 2015. Strategi Kreatif dalam Periklanan. Depok : Kharisma Putra Utama Rangkuti, Freddy. Strategi promosi yang kreatif dan analis kasus IMC.2009. PT Gramedia Pustaka Utama: Jakarta

Pranajaya & Hendra Wicaksono. (2017). Pemanfaatan Aplikasi WhatsApp (WA) Di Kalangan Pelajar (Studi kasus Di MTs Al Muddatsiriyah dan MTs Jakarta Pusat. Prosiding SNaPP2017 Sosial, Ekonomi, Dan Humaniora, Vol 7, No.1.

Rani Rubiyanti, 2020, Strategi Kewirausahaan dan Digital Marketing Produk Teh Binahong di Tawang, Tasikmalaya, Jawa Barat, Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Dikemas Vol. 4, No. 1 Tahun 2020.

Trisnani. (2017). Pemanfaatan WhatsApp sebagai Media Komunikasi dan Kepuasan Dalam Penyampaian Pesan. Jurnal Komunikasi, Media Dan Informatika, Vol.6.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ