Membangun Bisnis Online melalui Pelatihan Whatsapp Marketing pada UMKM Pelaku Bisnis Kopi Gayo Lues, Aceh

Authors

  • Jamiati KN Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Velda Ardia Murdiana Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Khairu Annisa Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Annisa Amalia Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Aisiyah Hidayat Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Jakarta

Abstract

Perubahan perilaku pemasaran dari konvensional ke digital tidak diimbangi oleh keberadaan pelaku UMKM yang menggunakan digital marketing, padahal UMKM dipercaya memacu perekonomian Pemanfaatan konsep pemasaran berbasis digital menjadi harapan berkembang menjadi pusat kekuatan ekonomi. Media promosi digital diharapkan menjadi pilihan yang efektif untuk pelaku UMKM dalam mengembangkan bisnis dan menjangkau pasar nasional maupun internasional. Kopi gayo cukup terkenal di dunia karena memiliki aroma dan kenikmatan yang khas dan jika di cupping atau di test rasa dan aroma di daerah gayo hampir memiliki cita rasa. Salah satu penghasilan dari masyarakat gayo lues yaitu dari tani kopi. Mengingat semakin pesatnya perpindahan informasi melalui media digital dan pengguna, saat ini diera pandemic berbagai permasalahan yang dialamai oleh pelaku bisnis kopi mulai dari belum mahirnya dalam menggunakan digital marketing dengan efektif . Keterampilan dalam menguasai digital marketing sangat penting diberikan kepada pelaku UMKM di Gayo Lues, karena: Pertama , mereka belum menguasi pemasaran berbasis digital dengan efektif sehingga belum memanfaatkan digital marketing secara maksimal. Kedua, tanpa memiliki kompetensi ini (penguasaan digital marketing), maka akan menyulitkan para pelaku UMKM di Gayo Lues bersaing dalam perdagangan, sehingga keterampilan ini penting diberikan terlebih dahulu kepada para pelaku UMKM sebelum melakukan pendampingan kearah yang lainnya. Adapun UMKM   yang   dijadikan   objek pelatihan   adalah   UMKM   Pelaku Bisnis Kopi Kecamatan Pantan Cuaca Gayo Lues. Teknik pendampingan yang digunakan adalah teknik pendampingan terarah yang disesuaikan dengan kebutuhan. Hasil positif dan memuaskan dari pelatihan pemasaran berbasis digital khususnya whatsapp dan line ini merupakan langkah   awal   yang   dilakukan   team pengabdian dalam membantu pelaku usaha mikro kecil dan menengah untuk meningkatkan penjualan. 

Author Biographies

Jamiati KN, Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Jakarta

Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Jakarta

Velda Ardia Murdiana, Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Jakarta

Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Jakarta

Khairu Annisa, Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Jakarta

Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Jakarta

Annisa Amalia, Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Jakarta

Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Jakarta

Aisiyah Hidayat, Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Jakarta

Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Jakarta

References

Augustinah, Fedianty dan Widayati. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Promosi Makanan Ringan Kripik Singkong di Kabupaten Sampang. DIALEKTIKA Jurnal Ekonomi dan Ilmu Sosial, Vol. 4, No. 2.

Bayu Bagas Hapsoro, 2019, Peran Digital Marketing sebagai Upaya Peningkatan Omset Penjualan Bagi Klaster UMKM di Kota Semarang, Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/abdimas/

Chaffey, Dave. 2019. Digital Marketing: Strategy, Planning and Implementation. and Practice. seventh edition. Prentice Hall.

Hartono. (2012). PAIKEM; Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan. Pekanbaru: Zanaf.

Kannan, P. K. 2017. Digital marketing: A framework, review and research agenda. International Journal of Research in Marketing. 34 (1): p.22-45.

Kertamukti Rama, 2015. Strategi Kreatif dalam Periklanan. Depok : Kharisma Putra Utama Rangkuti, Freddy. Strategi promosi yang kreatif dan analis kasus IMC.2009. PT Gramedia Pustaka Utama: Jakarta

Pranajaya & Hendra Wicaksono. (2017). Pemanfaatan Aplikasi WhatsApp (WA) Di Kalangan Pelajar (Studi kasus Di MTs Al Muddatsiriyah dan MTs Jakarta Pusat. Prosiding SNaPP2017 Sosial, Ekonomi, Dan Humaniora, Vol 7, No.1.

Rani Rubiyanti, 2020, Strategi Kewirausahaan dan Digital Marketing Produk Teh Binahong di Tawang, Tasikmalaya, Jawa Barat, Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Dikemas Vol. 4, No. 1 Tahun 2020.

Trisnani. (2017). Pemanfaatan WhatsApp sebagai Media Komunikasi dan Kepuasan Dalam Penyampaian Pesan. Jurnal Komunikasi, Media Dan Informatika, Vol.6.

Downloads

Published

2022-11-20