SOSIALISASI NILAI-NILAI PANCASILA DI SEKOLAH MASTER INDONESIA DEPOK BAGI PELAJAR DENGAN METODE PEMBELAJARAN INTERAKTIF

Rullia Restu Musdama, Humairho Humairho, Haliim Saputra, Ummul Habibah Hasyim, Nurul Hidayati Fitriyah

Abstract


Pancasila merupakan dasar negara, pandangan hidup; dan ideologi nasional dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Penghayatan dan pengamalan dalam Pancasila belum bisa terlaksana dengan baik di karenakan masyarakat Indonesia yang belum memahami makna dari nilai yang terkandung dalam Pancasila itu sendiri. Saat ini dalam manyambut era digitalisasi Indonesia harus sejak awal menanamkan nilai-nilai pancasila pada peserta didik agar faham tentang pancasila yang menjadi dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia. Tujuan pengabdian masyarakat ini untuk mengetahui pentingnya nilai-nilai pancasila pada pelajar di Sekolah Master Depok pada tingkat SMP. Pengabdian masyarakat ini menggunakan metode penelitian kualitatif yaitu metode yang menekankan pada makna, penalaran, definisi tertentu, dan menggambarkan apa adanya mengenai obyek yang di teliti. Pada teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang peneliti gunakan antara lain reduksi data yaitu pemilihan data yang penting, penyajian data yaitu merangkai beberapa data menjadi satu dan memilihnya sesuai dengan yang dibutuhkan, penarikan kesimpulan yaitu mengumpulkan bukti yang ada kemudian di deskripsikan secara cermat dan sistematis.

 


Full Text:

PDF

References


Aminullah. (2020). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila dalam Kehidupan Masyarakat. Jurnal Ilmiah IKIP Mataram, 2-3.

Asmaroini, Ambiro Puji, Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Bagi Siswa Di Era Globalisasi. Citizenship Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan. 4.2 (2016). 440.

Eddy, I. W. (2018). Aktualisasi Nilai Pancasiladalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara. Jurnal Dharmasmurti, No.18, Vol.1.

Nur Khosiah, Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Peserta Didik di Madrasah ibtidaiyah mambail falah tongas– Probolinggo. Jurnal Al-Insyiroh: Jurnal Studi Keislaman. Vol. 6. No. 1. 12 Maret 2020.

Sulaiman, A. (2015). Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Bandung: CV. Arfino Raya.

Suwarno, P.J. (1993). Pancasila Budaya Bangsa Indonesia. Yogyakarta: Penerbit Kanisius.

https://samberan-bjn.desa.id/artikel/2022/6/1/sejarah-singkat-lahirnya-pancasila-sebagai-dasar-negara-republik-indonesia

https://id.wikipedia.org/wiki/Sekolah_Master


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ