PENYULUHAN PHBS DAN PRAKTIK CPTS UNTUK YAYASAN SAHABAT YATIM RMJ, CIATER, TANGERANG SELATAN TAHUN 2022

Arfan Fajri, Nadya Azzahra Kanzha, Eka Zulfikar, Anis Setiyanti

Abstract


Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah salah satu program yang harus ditempuh oleh mahasiswa di perguruan tinggi. PHBS adalah semua perilaku kesehatan yang dilakukan atas kesadaran sehingga anggota keluarga dapat menolong dirinya sendiri dibidang kesehatan dan berperan aktif dalam kegiatan-kegiatan di masyarakat. Indikator PHBS adalah mencuci tangan menggunakan air mengalir dan memakai sabun, mengkomsumsi jajan yang sehat dan menggunakan jamban yang bersih dan sehat. Tujuan utama KKN adalah menanamkan dan melatih nilai kepribadian, mengubah cara pandang, dan pola pikir mahasiswa maupun masyarakat dalam menjaga kebersihan diri sendiri maupun kebersihan lingkungann sekitar supaya terciptanya masyarakat yang sehat,kuat dan lingkungan yang nyaman, aman dalam melakukan kegiatan aktivitas sehari hari.Dalam menjalakan kkn ini ada lima program kerja yang kami laksanakan bersama kelompok besar yaitu lima program, dimana program tersebut akan dibagi satu program yang masing-masingnya programnya berjumlah 3 orang yang didalamnya memiliki program kerja.Hasil dari kegiatan dan pembahsan ini adalah dengan menerapakan pola hidup sehat dan bersih dan edukasi cuci tangan yang baik dan benar dilingkungan yayasan sahabat yatim RMJ yang sebelumnya sudah dijelaskan terlebih dahulu mengenai tentang pola hidup bersih dan sehat dan mencuci tangan yang baik dan benar.pembahsan ini dilakukan diaula yayasan sahabat yatim RMJ, dalam kegitan ini perserta memiliki rasa yang begitu semangat dalam mengikuti kegiatan ini.Kegiatan ini dilakukan melalui sosialisasi dengan cara menyebarkan poster dan edukasi ditempat dengan anak-anak di yayasan sahabat yatim. Kegiatan ini dilakukan untuk menambah wawasan masyarakat mengenai Perilaku Hidup Bersih dan Sehat. Dari program ini diharapkan agar masyarakat semakin peduli terhadap kebersihan diri dan lingkungan serta mampu lebih peka dan tanggap jika di sekitarnya terdapat gejala-gejala gangguan kesehatan akibat PHBS yang tidak terjaga

Full Text:

PDF

References


Ardianto, Efri Tri, Dony Putra Hendyca Setiawan, and Andri Permana. 2017. “Penyuluhan Kesehatan Dan Praktik CTPS & PHBS Pada Siswa Di Madrasah Ibtidaiyah Al- Badri Kecamatan Kalisat Kabupaten Jember.” : 126–29.

Julianti, Ratna, and H M Nasirun. 2018. “Pelaksanaan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (Phbs) Di Lingkungan Sekolah.” Jurnal Ilmiah Potensia 3(2): 11–17. www.dinkes.go.id.

Masyarakat, Kesehatan. 2011. “Nunun Nurhajati, Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS) Masyarakat Desa Samir Dalam Meningkatkan Kesehatan Masyarakat 1.” Nurhajati: 1–18.

Pradana, A, M Hidayat, R Alardo, and ... 2021. “Meningkatkan Kesadaran Kebersihan Dan Kesehatan Melalui Germas (Gerakan Masyarakat Sehat) Pada Warga Jl. Menjangan 1 ….” … Masyarakat LPPM UMJ: 1–6. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat/article/view/10742.

Risnawaty, Gracia. 2017. “Faktor Determinan Perilaku Cuci Tangan Pakai Sabun (Ctps) Pada Masyarakat Di Tanah Kalikedinding.” Jurnal PROMKES 4(1): 70.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ