PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI EDUKASI BAHAYA PERGAULAN BEBAS PADA USIA REMAJA DI SMA NEGERI 3 TANGERANG SELATAN

Adlan Fauzi Lubis, Romlah Gany, Ghandur Putera Sakti, Nidia Ayu Lestari, Muhammad Arief Al Qudsi

Abstract


Permasalahan yang ada pada mitra adalah minimnya pemahaman tentang dampak pergaulan bebas yang diakibatkan kepada hal-hal menyimpang.  Minimnya pemahaman siswa dalam bahaya pergaulan bebas disebabkan oleh beberapa faktor di antaranya: 1) rendahnya informasi dan motivasi dalam diri siswa dalam penguatan pendidikan karakter; 2) minimnya materi-materi dalam pelajaran di sekolah yang membuat siswa tidak memahami bahaya pergaulan bebas yang dapat merusak kondisi fisik dan psikis siswa. Tujuan pengabdian masyarakat ini untuk mengoptimalkan pendidikan karakter tentang bahaya pergaulan bebas pada diri siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Tangerang Selatan. Metode pelaksanaan pengabdian ini dibagi menjadi tiga tahapan; yaitu pendekatan terhadap mitra, partisipasi mitra, dan evaluasi dan keberlanjutan program pasca pelaksanaan pengabdian ini. Pendekatan terhadap mitra dilakukan dengan pendekatan personal dan institusional guna mendapatkan data yang akurat mengenai kondisi sosial demografis mitra. Adapun partisipasi mitra dilaksanakan dengan program penyuluhan yang dilaksanakan  satu kali yaitu di bulan Agustus 2022. Adapun hasil dan kesimpulan pengabdian ini adalah adannya perhatian dan respon yang sangat antusias dari siswa-siswi dan guru bahwa dalam penguatan pendidikan karakter melalui edukasi bahaya pergaulan bebas memberikan pemahaman yang signifikan dalam proses belajar siswa di lingkungan sekolah. Disamping itu, siswa mengalami perubahan pada perilaku dan sikap mengenai tata cara pergaulan yang sesuai dengan pendidikan karakter sebagai antisipasi dari kenakalan remaja yang sering dilakukan siswa-siswi selama berada sekolah

Full Text:

PDF

References


Young, S., Greer, B., & Church, R. (2017). Juvenile delinquency, welfare, justice and therapeutic interventions: a global perspective. BJPsych bulletin, 41(1), 21-29.

McAndrew, A. J. (2019). Maternal perinatal depression: Emotional development in offspring from infancy to adolescence. Early Child Development and Care, 189(1), 168-177.

Ross, K. M., & Tolan, P. (2018). Social and emotional learning in adolescence: Testing the CASEL model in a normative sample. The Journal of Early Adolescence, 38(8), 1170-1199.

Berkowitz, M. W., Lickona, T., Nast, T., Schaeffer, E., & Bohlin, K. (2020). The eleven principles of effective character education: A Brief History. Journal of Character Education, 16(2), 1-10.

Allen, K., & Bull, A. (2018). Following policy: A network ethnography of the UK character education policy community. Sociological Research Online, 23(2), 438-458.

Cyntia Puspitasari, T. (2012). Sikap Remaja Terhadap Hubungan Seksual Pranikah Ditinjau Dari Keterbukaan Dengan Orang Tua. Universitas Katolik


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ