PELATIHAN BRANDING PRODUK UMKM DAN DIGITAL BRANDING KERUPUK KULIT “RAMBAKKU“

Venska Rifianita, Rara Misbachul Falah, Saputra Pangestu, Alvika Metasari

Abstract


Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) memiliki peranan penting dalam meningkatkan perekonomian indonesia. Kendala yang dialami para pelaku UMKM yakni pada tahap pemasaran ( Branding ), belum memahami manfaat dari branding, kurangnya pengetahuan mengenai branding, belum memiliki karakter entrepreneur yang positif dan yang tidak kalah penting belum mendapatkan pelatihan mengenai teknis branding suatu produk bagi para pelaku UMKM. Metode penelitian yang digunakan berupa metode naratif yang dikaji secara kualitatif. Hasil kajian menunjukan bahwa pelaku UMKM memang harus melakukan branding sehingga memiliki keunggulan kompetitif untuk bisa bersaing di pasar global.


Full Text:

PDF

References


(2021, April 2). Retrieved from Dinas Koperasi dan UKM : http://diskopukm.jatimprov.go.id/berita/mengenal-apa-itu-branding

Femi Oktaviani, Y. S. (2018). Penguatan Produk UMKM “Calief” Melalui Strategi Branding Komunikasi. jurnal komunikasi, vol1 no 2.

hafizulhaq, f. (2022, januari 3). Strategi Branding yang Mudah dan Ampuh Bagi UMKM di Era Digital. Retrieved from digital bisa: https://digitalbisa.id/artikel/strategi-branding-bagi-umkm-di-era-digital-NN3Kc

T.H, w. (2013). Membangun Merek untuk Usaha Kecil. 04.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ