PELATIHAN BRANDING PRODUK UMKM DAN DIGITAL BRANDING KERUPUK KULIT “RAMBAKKU“

Authors

  • Venska Rifianita Teknik Industri , Fakultas Teknik, , Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Rara Misbachul Falah Teknik Kimia , Fakultas Teknik, , Universitas Muhammadiyah Jakarta, Jalan Cempaka Putih Tengah
  • Saputra Pangestu Teknik Kimia , Fakultas Teknik, , Universitas Muhammadiyah Jakarta, Jalan Cempaka Putih Tengah
  • Alvika Metasari Teknik Kimia , Fakultas Teknik, , Universitas Muhammadiyah Jakarta, Jalan Cempaka Putih Tengah

Abstract

Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) memiliki peranan penting dalam meningkatkan perekonomian indonesia. Kendala yang dialami para pelaku UMKM yakni pada tahap pemasaran ( Branding ), belum memahami manfaat dari branding, kurangnya pengetahuan mengenai branding, belum memiliki karakter entrepreneur yang positif dan yang tidak kalah penting belum mendapatkan pelatihan mengenai teknis branding suatu produk bagi para pelaku UMKM. Metode penelitian yang digunakan berupa metode naratif yang dikaji secara kualitatif. Hasil kajian menunjukan bahwa pelaku UMKM memang harus melakukan branding sehingga memiliki keunggulan kompetitif untuk bisa bersaing di pasar global.

Author Biographies

Venska Rifianita, Teknik Industri , Fakultas Teknik, , Universitas Muhammadiyah Jakarta

Teknik Industri , Fakultas Teknik, , Universitas Muhammadiyah Jakarta

Rara Misbachul Falah, Teknik Kimia , Fakultas Teknik, , Universitas Muhammadiyah Jakarta, Jalan Cempaka Putih Tengah

Teknik Kimia , Fakultas Teknik, , Universitas Muhammadiyah Jakarta, Jalan Cempaka Putih Tengah

Saputra Pangestu, Teknik Kimia , Fakultas Teknik, , Universitas Muhammadiyah Jakarta, Jalan Cempaka Putih Tengah

Teknik Kimia , Fakultas Teknik, , Universitas Muhammadiyah Jakarta, Jalan Cempaka Putih Tengah

Alvika Metasari, Teknik Kimia , Fakultas Teknik, , Universitas Muhammadiyah Jakarta, Jalan Cempaka Putih Tengah

Teknik Kimia , Fakultas Teknik, , Universitas Muhammadiyah Jakarta, Jalan Cempaka Putih Tengah

References

(2021, April 2). Retrieved from Dinas Koperasi dan UKM : http://diskopukm.jatimprov.go.id/berita/mengenal-apa-itu-branding

Femi Oktaviani, Y. S. (2018). Penguatan Produk UMKM “Calief” Melalui Strategi Branding Komunikasi. jurnal komunikasi, vol1 no 2.

hafizulhaq, f. (2022, januari 3). Strategi Branding yang Mudah dan Ampuh Bagi UMKM di Era Digital. Retrieved from digital bisa: https://digitalbisa.id/artikel/strategi-branding-bagi-umkm-di-era-digital-NN3Kc

T.H, w. (2013). Membangun Merek untuk Usaha Kecil. 04.

Downloads

Published

2022-11-20