EDUKASI BACA TULIS QUR’AN (BTQ) DI SMP AL-BARKAH DAN SENJA SURADITA

Luthfiah Nur Izzati, Ahmad Zidan, Nurmata Insyafiah Lamablawa, Daniel Handoko

Abstract


Berdasarkan  kesepakatan  kerja sama antara  Kuliah  Kerja  Nyata 89  Universitas Muhammadiyah Jakarta dengan  SMP AL – BARKAH, maka perlu dilakukan tindak lanjut sebagai realisasi dari perjanjian kerja sama tersebut.  Realisasi  kerja  sama  yang dilakukan antara lain yaitu dalam  program pengabdian  masyarakat yang dapat  berupa  kegiatan  baca tulis al-qur’an..  Melalui  mengajar  formal,  dan  juga  informal antara KKN 89 UMJ  terkait  dengan  kondisi  permasalahan  di lingkup  sekolah  SMP AL – BARKAH,  didapati  bahwa  salah  satu  permasalahan  yang dirasa  perlu diwaspadai adalah dalam hal pergaulan dengan sesame siswa SMP. Berdasarkan pengamatan  pihak  sekolah,  dalam hal ini  adalah  guru,  pergaulan  siswa SMP dirasakan semakin “berani”. Dalam arti terkadang  “melupakan” resiko atau  bahaya  yang dihadapi nya. Jika ditelaah  lebih lanjut, maka perilaku kurang minat membaca  dan menulis al-qur’an berisiko di kalangan siswa SMP dapat disebabkan karena adanya proses adaptasi dalam menghadap i masa  pubertas  dan  juga  dalam  menghadapi perubahan  gaya pergaulan  di masa remaja. Perilaku berisiko yang menjadi permasalahan yang marak terjadi adalah perilaku yang terkait dengan kurangnya minat baca al-qur’an serta perilaku yang terkait pemahaman membaca al-qur’an.


Full Text:

PDF

References


Abdul Qadir Al-Bakry, Fungsi Dan Pentingnya Pengajaran Al-Qur’an, (Semarang: Yayasan Pendidikan Al-Qur’an Raudhathul Mujawwidin, 1998), H. 15

Choiruddin Hadhiri S.P., Klasifikasi Kandungan Al-Quran, (Jakarta: Gema Insani Press, 1996), h. 25

M. Quraish Shihab, Membumikan Al-Quran: Fungsi Dan Peran Wahyu Dalam Kehidupan Masyarakat, (Bandung: Mizan, 2004), h. 75.

Mahmudah Fitriyah dan Ramlan Gani, Disiplin Berbahasa Indonesia, (Jakarta: FITK PRESS, 2011), hlm149

Maidir Harun, Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an (Cet. I; Jakarta: Puslitbang Lektur Keagamaan Badan Litbang Dan Diklat Depag Ri, 2007), hlm. 15

Muhammad Thobroni dan Arif Mustofa, Belajar dan Pembelajaran Pengembangan Wacana dan Praktik, (Yogyakarta: Ar Ruzzmedia, 2011), hlm 64. Pembelajaran dalam Pembangunan Nasional

Muhammad Thobroni dan Arif Mustofa, Belajar dan Pembelajaran Pengembangan Wacana dan Praktik Pembelajaran dalam Pembangunan Nasional, (Yogyakarta: Ar-Ruzzmedia, 2011), hlm. 64 12 Mahmudah

Sabarudin, Mohammad, Pendampingan Btq Pada Santri Pondok Pesantren Nurul Huda Baeturrohman Dalam Meningkatkan Kualitas Bacaan Al-Qur'an Di Desa Cililin Kecamatan Cililin, Jurnal Al Maesarah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bidang Pendidikan, Sosial, Dan Kemasyarakatan, Vol. 1 No.1 (2022) Hal. 29-33

Setiawan, Agung. Skripsi: Korelasi Antara Intensitas Belajar Membaca Al Quran Dengan Prestasi Belajar Baca Tulis Al Quran (BTQ) Siswa Kelas VII SMP Bahrul Maghfiroh Kota Tangerang Selatan Tahun Ajaaran 2013/2014. (Jakarta: UIN Jakarta, 2014

Srijatun, Implementasi Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an Dengan Metode Iqro Pada Anak Usia Dini Di Ra Perwanida Slawi Kabupaten Tegal, Nadwa | Jurnal Pendidikan Islam Vol. 11, Nomor 1, Tahun 2017, hlm.26-27

Srijatun, Implementasi Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an Dengan Metode Iqro Pada Anak Usia Dini Di Ra Perwanida Slawi Kabupaten Tegal, Nadwa | Jurnal Pendidikan Islam Vol. 11, Nomor 1, Tahun 2017, hlm.28-29

Wiwik Anggranti, Penerapan Metode Pembelajaran Baca-Tulis Al-Qur’an (Studi Deskriptif-Analitik Di Smp Negeri 2 Tenggarong), Jurnal Intelegensia, Volume I, Nomor 1, April 2016, hlm.107-108.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ