EDUKASI BACA TULIS QUR’AN (BTQ) DI SMP AL-BARKAH DAN SENJA SURADITA
Abstract
Berdasarkan kesepakatan kerja sama antara Kuliah Kerja Nyata 89 Universitas Muhammadiyah Jakarta dengan SMP AL – BARKAH, maka perlu dilakukan tindak lanjut sebagai realisasi dari perjanjian kerja sama tersebut. Realisasi kerja sama yang dilakukan antara lain yaitu dalam program pengabdian masyarakat yang dapat berupa kegiatan baca tulis al-qur’an.. Melalui mengajar formal, dan juga informal antara KKN 89 UMJ terkait dengan kondisi permasalahan di lingkup sekolah SMP AL – BARKAH, didapati bahwa salah satu permasalahan yang dirasa perlu diwaspadai adalah dalam hal pergaulan dengan sesame siswa SMP. Berdasarkan pengamatan pihak sekolah, dalam hal ini adalah guru, pergaulan siswa SMP dirasakan semakin “berani”. Dalam arti terkadang “melupakan” resiko atau bahaya yang dihadapi nya. Jika ditelaah lebih lanjut, maka perilaku kurang minat membaca dan menulis al-qur’an berisiko di kalangan siswa SMP dapat disebabkan karena adanya proses adaptasi dalam menghadap i masa pubertas dan juga dalam menghadapi perubahan gaya pergaulan di masa remaja. Perilaku berisiko yang menjadi permasalahan yang marak terjadi adalah perilaku yang terkait dengan kurangnya minat baca al-qur’an serta perilaku yang terkait pemahaman membaca al-qur’an.
Full Text:
PDFReferences
Abdul Qadir Al-Bakry, Fungsi Dan Pentingnya Pengajaran Al-Qur’an, (Semarang: Yayasan Pendidikan Al-Qur’an Raudhathul Mujawwidin, 1998), H. 15
Choiruddin Hadhiri S.P., Klasifikasi Kandungan Al-Quran, (Jakarta: Gema Insani Press, 1996), h. 25
M. Quraish Shihab, Membumikan Al-Quran: Fungsi Dan Peran Wahyu Dalam Kehidupan Masyarakat, (Bandung: Mizan, 2004), h. 75.
Mahmudah Fitriyah dan Ramlan Gani, Disiplin Berbahasa Indonesia, (Jakarta: FITK PRESS, 2011), hlm149
Maidir Harun, Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an (Cet. I; Jakarta: Puslitbang Lektur Keagamaan Badan Litbang Dan Diklat Depag Ri, 2007), hlm. 15
Muhammad Thobroni dan Arif Mustofa, Belajar dan Pembelajaran Pengembangan Wacana dan Praktik, (Yogyakarta: Ar Ruzzmedia, 2011), hlm 64. Pembelajaran dalam Pembangunan Nasional
Muhammad Thobroni dan Arif Mustofa, Belajar dan Pembelajaran Pengembangan Wacana dan Praktik Pembelajaran dalam Pembangunan Nasional, (Yogyakarta: Ar-Ruzzmedia, 2011), hlm. 64 12 Mahmudah
Sabarudin, Mohammad, Pendampingan Btq Pada Santri Pondok Pesantren Nurul Huda Baeturrohman Dalam Meningkatkan Kualitas Bacaan Al-Qur'an Di Desa Cililin Kecamatan Cililin, Jurnal Al Maesarah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bidang Pendidikan, Sosial, Dan Kemasyarakatan, Vol. 1 No.1 (2022) Hal. 29-33
Setiawan, Agung. Skripsi: Korelasi Antara Intensitas Belajar Membaca Al Quran Dengan Prestasi Belajar Baca Tulis Al Quran (BTQ) Siswa Kelas VII SMP Bahrul Maghfiroh Kota Tangerang Selatan Tahun Ajaaran 2013/2014. (Jakarta: UIN Jakarta, 2014
Srijatun, Implementasi Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an Dengan Metode Iqro Pada Anak Usia Dini Di Ra Perwanida Slawi Kabupaten Tegal, Nadwa | Jurnal Pendidikan Islam Vol. 11, Nomor 1, Tahun 2017, hlm.26-27
Srijatun, Implementasi Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an Dengan Metode Iqro Pada Anak Usia Dini Di Ra Perwanida Slawi Kabupaten Tegal, Nadwa | Jurnal Pendidikan Islam Vol. 11, Nomor 1, Tahun 2017, hlm.28-29
Wiwik Anggranti, Penerapan Metode Pembelajaran Baca-Tulis Al-Qur’an (Studi Deskriptif-Analitik Di Smp Negeri 2 Tenggarong), Jurnal Intelegensia, Volume I, Nomor 1, April 2016, hlm.107-108.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:
==============================================================================================================
Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756
E-ISSN: 2714-6286
==============================================================================================================