TAMAN KREATIVITAS UNTUK PENGEMBANGAN KREATIVITAS ANAK DI DESA CURUG WETAN

Mimis Tri Devi ahmad, Siti Ananda Putri Melinda, Muhammad Faqih Syahrul Ramadhan, Elfarisna Elfarisna

Abstract


Kreativitas merupakan istilah yang banyak digunakan baik dilingkungan sekolah dan di luar sekolah. Dalam arti sederhana kreativitas dapat diartikan sebagai seni atau kemampuan untuk menciptakan hal-hal baru. Karena itu kita harus mengetahui dan memahami dengan jelas arti dan pentingnya kreativitas itu sendiri. Aspek penting dari kreativitas adalah memahami karakteristiknya. Upaya menciptakan lingkungan yang kondusif bagi tumbuhnya kreativitas diawali dengan memahami hakikat kemampuan kreatif dan iklim lingkungan disekitarnya. Tujuan dari perkembangan kreativitas ini agar anak menjadi semakin kreatif, yaitu cakap, fleksibilitas dan orisinalitas untuk berbicara, berfikir dan melakukan latihan anggota gerak, seni dan tubuh seperti latihan motorik kasar dan halus. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah mahasiswa/I KKN turun langsung mengajarkan cara membaca kosa kata dan angka bahasa arab menggunakan sistem Mnemonik yakni suatu solusi kreatif sebagai alat pengait yang dapat memicu kemampuan mengingat suatu informasi yang berada didalam memori seseorang diimplementasikan melalui teknik rima dengan menggunakan nada lagu.   Yang memiliki target anak-anak Desa Curug Wetan. Hasil dari kegiatan ini adalah dengan memberikan gambaran waktu kegiatan maka, dengan mudah dapat dipahami mengenai pembukaan program kegiatan yang akan dilaksanakan tepat waktu, dilanjutkan dengan mengisi daftar peserta, hingga mencapai tahap penyampaian materi dan sesi tanya jawab

Full Text:

PDF

References


Ahmad.2019.PengertianSosialisasiMen urutparaAhli.(Online),(https://www.yuksinau.id/pengertiansosialisasi-menurut-ahli/), diakses 5 Agustus 2019.

Azhar Arsyad, Bahasa Arab Dan Metode Pengajarannya(Yogyakarta: Pustaka Belajar, 2004).

Gramedia Blog, Sosialisasi. Pengertian sosialisai, fungsi, tujuan, dan prosesnya.

KHASANAH, Nginayatul. Strategi Mencapai Kebermaknaan Pembelajaran Bahasa Arab

Pada Anak Usia Dini. Ulumuddin:Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 2021, 11.1:99-11

RAMADHAN, Saidah. Strategi Pembelajaran Bahasa Arab pada Anak Usia Dini. Utile: Jurnal Kependidikan, 2017,3.2:180-189

RACHMAWATI, Yeni. Strategi Pengembangan Kreativitas pada anak. Prenada Media, 2012.

FAUZIDDIN, Moh, et al. Penerapan Belajar Melalui Bermain Dalam Meningkatkan

Kreativitas Anak Usia Dini. Curricula: Journal of Teaching and Learning, 2017,1.3.

Fauzan, M., & Fara, E. W. (2020). Desain Pengembangan Media Digital Untuk

Mengenalkan Angka Arab. Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab, 6(6), 337-351.63-77.

Furoidah, A. (2020). Media Pembelajaran Dan Peran Pentingnya Dalam Pengajaran Dan Pembelajaran Bahasa Arab. Al-Fusha: Arabic Language Education Journal, 2(2),

Maharani, A. T., & Zannah, I. (2018). Pengenalan Nama Malaikat Beserta Tugasnya Dengan

Cara Bermain, Melihat Video Dan Bernyanyi. Pengenalan Nama Malaikat Beserta Tugasnya Dengan Cara Bermain, Melihat Video Dan Bernyanyi, 1-8.

Risna Rianti Sari, Mnemonik Sebagai Alternatif Dalam Menghafal Kosakata Bahasa Arab‟, Jurnal Tarbiyatuna, 3.2 (2018), 39


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ