PENGUATAN PEMBELAJARAN BTQ PADA ANAK SDN WARU JAYA GUNA MENCIPTAKAN GENERASI YANG QUR’ANI

Authors

  • Alya Citra azzahra Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Aldian Rahmart 2Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Badrut Tamani Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Najwa Kamila Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Sevia Liani Putri Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Donny Kuriawan

Abstract

Mata pelajaran Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ) di SDN Waru Jaya belum tertata secara pasti, hanya pelajaran yang digabungkan dengan materi agama yang lain. Seperti materi pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Kegiatan Pengabdian Masyarakat yang dilakukan di SDN Waru Jaya adalah dengan membuat pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an yaitu : Tadrus surat pendek Bersama, belajar Ilmu tajwid, menulis huruf hijaiyah, dan kuis. Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an ini menembah pengetahuan lebih bukan hanya yang sudah dijelasakan disekolah. Pada saat pelaksanaan, para peserta memiliki antusias yang tinggi dengan pembelajaran tentang Baca Tulis Al-Qur’an dimulai dari tadarus Bersama sampai acara terakhir yaitu kuis. Hasil kegiatan Program BTQ ini menjadikan para peserta didik Sekolah Dasar Waru Jaya kelas 3 dan 4 menjadi lebih menyukai pelajaran tentang Baca Tulis Al-Qur’an yaitu dengan pembelajaran yang menarik dan interaktif dan menambah wawasan terhadap ilmu tajwid serta penulisan huruf hijaiyah atau arab.

Author Biographies

Alya Citra azzahra, Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Aldian Rahmart, 2Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta

2Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Badrut Tamani, Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Najwa Kamila, Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Jakarta

Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Jakarta

Sevia Liani Putri, Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Jakarta

Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Jakarta

References

Aminuddin Rasyad, Belajar dan Pembelajaran Al – Qur’an. Jakarta Uhamka Press, 2019).

Anwas, O. M. (2011). Kuliah Kerja Nyata Tematik Pos Pemberdayaan Keluarga Sebagai Model Pengabdian Masyarakat Di Perguruan Tinggi. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. 17(5.

BP-KKN. 2016. Petunjuk Teknik dan Petunjuk Pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Universitas Lampung Periode Januari Tahun 2019. Lampung: Universitas.

Mauli Diayawati. 2017. Pengaruh Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Terhadap Ketrampilan Komunikasi Sosial Mahasiswa UINSA (Studi Pada Mahasiswa Peserta KKN Gelombang II UINSA Tahun 2016). Skripsi. Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

Pedoman Pelaksanaan Kuliah Pengabdian Masyarakat (KKN). 2019. “Kuliah Pengabdian Masyarakat Sebagai Implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi”. Universitas Samudra.

Rahendra Maya. (2019). Perspektif Alqur’an. : Jurnal Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir

Sagala, S. (2005). Strategi belajar mengajar, Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Tohirin, Psikologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2019).

Downloads

Published

2022-11-20