EDUKASI HIDUP BERSIH DAN SEHAT PADA SISWA SEKOLAH DASAR DAN PENGECEKAN KESEHATAN PADA TENAGA PENDIDIK

Ananda Putri Norma Rahayu, Dohan Mandela, Maharra Ulfa Kristramara, Muhammad Fadriansyah, Wisnu Prasetya Ramadhan, Donny Kurniawan

Abstract


Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan salah satu kegiatan yang harus dilaksanakan oleh semua mahasiswa Universitas Muhammadiyah Jakarta untuk menerapkan pengetahuan yang telah diperoleh selama duduk di bangku perkuliahan serta sebagai wujud nyata pengabdian kepada masyarakat. Kuliah Kerja Nyata telah dilaksanakan di Desa Warujaya, Kecamatan Parung, Bogor tepatnya yakni pada Sekolah Dasar Negeri Warujaya terhitung dari tanggal 25 Juli – 23 Agustus 2022 memiliki judul “Edukasi Hidup Bersih dan Sehat pada Siswa Sekolah Dasar dan Pengecekan kesehatan pada Tenaga Pendidik”. Berbagai program telah dilaksanakan dimulai dengan survey observasi, kegiatan perizinan terhadap mitra dan para pemangku kebijakan, pelaksanaan program, sampai dengan penyusunan laporan telah dilaksanakan. Beberapa metode pelaksanaan kegiatan yang dilakukan di sekolah dasar ini, dimulai dengan pemberian edukasi terkait dengan pelaksanaan cuci tangan. Sasaran dari dilaksanakannya program kerja ini adalah siswa-siswi kelas 3 di SDN Waru Jaya. Kemudian terdapat pula kegiatan pengecekan kesehatan dengan metode yang digunakan untuk cek kesehatan ialah pengecekan tekanan darah dan konsultasi kesehatan para staf pendidik yang berada di SDN Waru Jaya. Harapan dengan dilaksanakannya kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) ini yakni dapat mencapai beberapa tujuan, diantaranya meningkatkan sikap rasa cinta, kepedulian sosial, dan tanggung jawab implementasi pengetahuan mahasiswa, dan mengedukasi penerapan hidup bersih dan sehat. Selanjutnya dalam pelaksanaan kegiatan KKN ini ini diharapkan mahasiswa diperkenalkan secara langsung dengan kehidupan bermasyarakat secara langsung dengan segenap permasalahannya.


Full Text:

PDF

References


Anggara, F. H. D., & Prayitno, N. (2013). Faktor-faktor yang berhubungan dengan tekanan darah di Puskesmas Telaga Murni, Cikarang Barat tahun 2012. Jurnal ilmiah kesehatan, 5(1), 20-25.

Chotimah, I., & Anggraini, D. (2018). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Peningkatan Kualitas Pendidikan, Ekonomi, Kesehatan Dan Lingkungan Di Desa Warujaya. Abdi Dosen: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(1), 62-72.

Fitri Kurniawati, A., & Puspowati, S. D. (2022). Hubungan Antara Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (Phbs) Dengan Kejadian Stunting Pada Balita Di Desa Waru Jaya Kecamatan Parung Kabupaten Bogor (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Lestari, A. O. A. W. (2019). Hubungan pengetahuan dan sikap terhadap perilaku cuci tangan pada masyarakat Kelurahan Pegirian. Jurnal Promkes: The Indonesian Journal of Health Promotion and Health Education, 7(1), 1-11.

Kemenkes, R. I. (2011). Kementerian Kesehatan RI. Bul. Jendela, Data dan Inf. Kesehat. Epidemiol. Malar. di Indones. Jakarta Bhakti Husada.

Prasetya, E. P., & Rahmalia, F. (2018). Pemberdayaan Masyarakat Tentang Kesehatan, Pendidikan dan Kreatifitas. Abdi Dosen: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(1), 19-25.

Ramadhani, D. N., Meditasari, D., & Khairy, M. (2021, October). Bakti Sosial Pembagian Spanduk, Handsanitizer, Masker Dan Sabun Cuci Tangan Di Musholla Al-Ikhlash Serpong. In Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ (Vol. 1, No. 1).695


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ