PENYULUHAN GIZI PADA IBU HAMIL DI RT 03 RW 03 DESA SIBANTENG, KECAMATAN LEUWISADENG, KABUPATEN BOGOR

Iik Hikmawati, Miranda Monicha, Novia Zahratul Hasanah, Fauza Rizqiya

Abstract


Kasus stunting masih menjadi permasalahan kesehatan di dunia karena berhubungan dengan risiko kejadian sakit bahkan sampai kematian. Prevalensi stunting secara nasional pada tahun 2018 sebesar 30,8%. Angka tersebut masih berada diatas target penurunan Stunting tahun 2024 yaitu 19%. Berbagai upaya dilakukan dalam rangka percepatan penurunan angka kejadian Stunting salah satunya dengan memberikan Intervensi Gizi yang dimulai sejak 1000 Hari Pertama Kehidupan terhitung mulai dari janin dalam kandungan sampai bayi berusia 2 tahun. Salah satu intervensi pencegahan stunting dapat dilakukan pada saat masa kehamilan. Ibu Hamil dengan masalah gizi seperti  Kurang Energi Kronis (KEK) dan Anemia merupakan salah satu faktor penyebab yang berkontribusi terhadap kejadian Stunting pada anak balita. Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) UMJ menjadi suatu bentuk kesempatan yang berharga dimana mahasiswa dapat menyumbangkan pengetahuan dan keterampilan kepada masyarakat dan ikut serta secara langsung untuk membantu pencegahan kejadian Stunting  pada masa yang akan datang. Berdasarkan permasalahan yang ada yaitu masih rendahnya pengetahuan Gizi pada Ibu Hamil, kami kelompok 86 sub kelompok 3 memilih program penyuluhan mengenai pentingnya pengetahuan Gizi pada Ibu Hamil dengan menggunakan media leaflet, lembar balik dan poster.  serta pemeriksaan kesehatan secara gratis, dan pemberian susu Ibu Hamil untuk memenuhi kebutuhan nutrisi selama masa kehamilan. Manfaat yang ingin dicapai adalah Ibu Hamil setempat dapat mengetahui pentingnya pemenuhan asupan gizi selama kehamilan, serta dapat lebih aware terhadap kesehatannya yang nantinya akan berhilir pada mensukseskan pembangunan Sumber Daya Manusia.


Full Text:

PDF

References


Aziz, S. A. (2018). Tetesan Embun di Desa Santri Sibanteng.

Basri, N., & Sididi, M. (2021). FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEJADIAN STUNTING Article history : Received : 20 Agustus 2020 Prevalensi status gizi balita stunting di Provinsi Sulawesi Barat berdasarkan TB / U ( Tinggi Badan. Window of Public Health Journal, 01(05), 417–426.

Dike, F. M., & O., E. I. (2017). Journal of health science research. Journal of Health Science Research, 2(1), 1–9.

Mutika, W., & Syamsul, D. (2018). ANALISIS PERMASALAHAN STATUS GIZI KURANG PADA BALITA DI PUSKESMAS TEUPAH SELATAN KABUPATEN SIMEULEU Analysis Of Malnutritional Status Problems On Toddlers At South Teupah Health Center Simeulue. Jurnal Kesehatan Global, 1(3), 127–

Laporan Nasional Riskesdas (2018) “Laporan_Nasional_RKD2018_FINAL.pdf,” Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, hal. 198.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ