PENYULUHAN PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT (PHBS) DENGAN CARA MENCUCI TANGAN PAKAI SABUN DI YAYASAN TPQ AL-ANSARI KELURAHAN REMPOA

Muhammad Rafly Rabani, Adinda Nurfadia, Basrida Ayu Utami, Muhammad Rafi Atha Dhiya, Merdiansa Paputungan

Abstract


Perilaku hidup sehat dan bersih (PHBS) menjadi salah satu upaya untuk mencegah penyakit menular. Pada masa pandemi Covid-19 menjadikan PHBS sebagai gaya hidup baru guna mencegah terkena penyakit covid-19. Tujuan program pengabdian ini adalah diharapkan dapat memberikan informasi atau wawasan kepada anak-anak Yayasan TPQ Al-Anasri terkait pentingnya cuci tangan pakai sabun (CTPS) dengan benar sehingga siswa dapat mempraktikan CTPS dengan baik dan benar dikesehariannya. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian ini ada tiga; persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi program. Hasil pengabdian ini adalah mempraktekan 6 langkah cuci tangan pakai sabun kepada anak-anak yang baik dan benar serta meningkatkan pemahaman siswa mengenai pentingnya cuci tangan pakai sabun agar terhindar dari berbagai penyakit yang dapat timbul karena sanitasi yang buruk.


Full Text:

PDF

References


Maulani, Haina, Fransisca Fransisca, Rizki Ichlasul Amal, and Laely Farokhah. 2021. “Penyuluhan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS) Dengan Mencuci Tangan Pakai Sabun Di Kelurahan Cipondoh Makmur Kecamatan Cipondoh Kota Tangerang.” Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ 1(1).

Of, Behavior et al. 2020. “Jurnal Media Keperawatan : Politeknik Kesehatan Makassar Jurnal Media Keperawatan : Politeknik Kesehatan Makassar.” 11(01): 1–6.

RI, Kemenkes. 2014. “Infodatin Ctps.” Perilaku Mencuci Tangan Pakai Sabun Di Indonesia: 8. http://www.depkes.go.id/download.php?file=download/pusdatin/infodatin/infodatin-ctps.pdf.

Sdn, Siswa, Bonto Parang, and Kabupaten Jeneponto. 2018. “JURNAL NASIONAL ILMU KESEHATAN ( JNIK ).” 1: 1–9.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ