PENYULUHAN PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT PADA MASYARAKAT DESA CURUG WETAN

Mita Rizqi Inayah, Anisa Rizky Widhiasmawati, Dwinda Maulidya Hamdan, Elfarisna Elfarisna

Abstract


Perilaku Hidup Bersih dan Sehat pada dasarnya ialah sebuah upaya untuk menularkan pengalaman mengenai perilaku hidup bersih dan sehat melalui individu, kelompok ataupun masyarakat luas dengan jalur-jalur komunikasi sebagai media berbagai informasi. Cuci Tangan merupakan suatu upaya atau tindakan untuk menghilangkan mikroorganisme berupa virus, bakteri dan parasite yang telah terkontaminasi dari makanan dan minuman dengan melalui perantara tangan. Tujuan utama dari gerakan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) ialah dapat meningkatkan kualitas pada kesehatan dengan memberikan informasi dan edukasi yang menjadi awal dari kontribusi individu dalam menjalani perilaku kehidupan sehari-hari yang bersih dan sehat. Selain itu, PHBS ini memiliki manfaat yakni dapat terciptanya masyarakat yang sadar akan pentingnya Kesehatan dan memiliki bekal pengetahuan dan kesadaran untuk dapat menjalani perilaku hidup yang senantiasa menjaga kebersihan dan dapat memenuhi standar kesehatan. Penyuluhan ini menggunakan komunikasi kelompok yang dilakukan secara tatap muka yang dihadiri 24 peserta dengan berusia 18 tahun keatas. Sasaran ini sebagai subjek dan objek dalam kegiatan ini. Penyuluhan ini menggunakan metode ceramah (lisan), diskusi dan sesi tanya jawab. Hasil yang diperoleh melalui Pengabdian kepada Masyarakat ini adalah terdapat peningkatan pengetahuan mengenai Perilaku Hidup Bersih dan sehat dan Langkah Mencuci Tangan yang benar. Pada saat penyuluhan berlangsung peserta memiliki antusias yang tinggi serta menyimak dengan baik sehingga terjadilah diskusi yang aktif antara penyaji dengan peserta.


Full Text:

PDF

References


Feby Elvira, Zulma Fara Panadia, Shielviana Veronica, Dadang Herdiansyah. (2021). Penyuluhan Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) dan Pemberian Vitamin Untuk Anak-Anak. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ. E-issn : 2714-6286.

Green, L., Kreuter, M. W., & Deeds, S. G. (1980). Health Education: A Diagnosis Approach. The John Hopkins University: Mayfield Publishing Co.

Kemenkes RI (2011) Panduan Pembinan dan Penilaian Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Di Rumah Tangga Melalui Penggerak PKK. Pusat Promosi Kesehatan. Kementerian Kesehatan Ri. Jakarta.

Kementerian Kesehatan RI (2015). Profil Kesehatan Indonesia 2014. Kementerian Kesehatan RI. Jakarta.

Kusumawardhani, A., Syahati, A., Istiqomah, S., & et al. (2017). Pengetahuan, Sikap dan Tindakan Mencuci Tangan Yang Benar Pada Siswa Kelas 1 Dan 2 di SDN 2 Karanglo, Klaten Selatan. Jurnal Kebidanan Dan Kesehatan Tradisional, 2(1), 1-59.

Nur, A. A., Anjani, R. R. K. A., Marga, A. M., Maheswari, D. A., Rahmania, A. A., Miolda, P. R., … & Amrullah, A. A. (2022). Penyuluhan Kesehatan Mengenai Pentingnya Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS) di Panti Asuhan Tanjung Barat. COVIT (Comunnity Service of Health) : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 19-24.

Nurhajati, N. (2015). Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Masyarakat Desa Samir Dalam Meningkatkan Kesehatan Masyarakat. Publiciana, 8(1), 107-126.

Panirman, L., Merisca, D. W., Candrayadi, C., Nugroho, P. B., Samsudin, S., & Nainggolan, J. S. (2021). Manajemen Enam Langkah Cuci Tangan Menurut Ketentuan WHO Sebagai Upaya Pencegahan Covid-19. Jurnal Abdi Masyarakat Humanis, 2(2).

Puput Dwi Cahya Ambar Wati, Ilham Akhsanu Ridlo. (2020). Perilaku Hidup Bersih dan Sehat pada Masyarakat di Kelurahan

Rangkah Kota Surabaya. The Indonesian Journal of Health Promotion and Health Education. Vol. 8 No. 1 (2020) 47-58 doi: 10.20473/jpk.V8.I1.2020.47-58

Sumaiyah, S., Marianne, M., & et al. (2020). Sosialisasi Langkah Cuci Tangan Yang Benar Guna Mewujudkan Masyarakat Sehat di SMA Negeri 2 Sibolga. Jurnal Pengabdian Untukmu Negeri, 3(2), 129-132.

Tjietjen L, Bossemeyer D, Mclntosh N. (2004). Panduan Pencegahan Infeksi Untuk Pelayanan Kesehatan Dengan Sumber Daya Terbatas. Jakarta: Yayasan Bina Pustaka Sarwono Prawiroharjo.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ