PENCEGAHAN SERTA EDUKASI GIZI TERKAIT STUNTING, DAN PEMBAGIAN LEAFLET KEPADA IBU BALITA DI POSYANDU DAHLIA 3 TAMBUN SELATAN

Annisa Oktaviani, Jihan Sekar Maharani, Sasha Safira

Abstract


Stunting merupakan salah satu akar penyebab dari banyak permasalahan gizi yang terjadi dalam jangka waktu pendek, maupun jangka waktu yang panjang. Stunting dapat mengganggu  dan menghambat perkembangan otak, dan  kecerdasan, gangguan fisik lainnya.. Program yang dipilih oleh kelompok 86 sub kelompok 5 ini berbentuk sosialisasi dan juga edukasi terkait stunting. Edukasi dan sosialisasi terkait stunting ini memiliki sasaran seperti ibu balita. Dikarenakan masih rendahnya pengetahuan masyarakat mengenai stunting, maka dari itu kami kelompok 86 sub kelompok 5 memilih program edukasi dan sosialisasi mengenai stunting. Berdasarkan permasalahan yang kami dapatkan dari hasil data kualitatif, permasalahan yang dialami oleh warga sekitar wilayah Posyandu Dahlia 3 adalah masih kurangnya kesadaran pengetahuan ibu akan bahayanya stunting. Oleh karena itu, kami memutuskan untuk mengadakan program solusi berupa edukasi dengan menggunakan media leaflet kepada warga yang memiliki bayi atau balita sekitar wilayah Posyandu Dahlia 3. Sebagai salah satu bentuk nyata yang kami dalam memberikan edukasi Ibu Balita terkait Stunting.Harapannya manfaat yang ingin dicapai adalah memperdalam pemahaman masyarakat terhadap permasalahan kesehatan pada Balita khususnya tentang stunting, dan dapat dijadikan sebuah pengetahuan masyarakat untuk lebih sadar akan permasalahan stunting.


Full Text:

PDF

References


Asri Dewi, Ni Luh Made, and Ni Nengah Handika Primadewi. 2021. “Kejadian Stunting Pada Balita Usia 12-36 Bulan.” Jurnal Keperawatan Jiwa 9 (1): 55–60.

KEMENDES. 2017. Buku Saku Desan Dalam Penanganan Stunting.

Wangsapraja, Farah Istianah, dan F. N. (2021). Pelaksanaan Kegiatan Pos pelayanan Terpadu Kuncup Melati Jatikramat Dikala Pandemi Covid-19. Proceedings UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Vol.1, No.(November).

BP-KKN (2016) Petunjuk Teknik dan Petunjuk Pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Universitas Lampung Periode Januari Tahun 2016. Lampung: Universitas Lampung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ