PERPUSTAKAAN MINI DAN MINAT BACA: UPAYA PENGEMBANGAN LITERASI SISWA DI SDN PONDOK CABE ILIR 01
Abstract
Buruknya kualitas sarana pendidikan tercermin dari kurang dimanfaatkannya perpustakaan dan minimnya koleksi buku bacaan. Karena minimnya pemanfaatan perpustakaan dan minimnya buku bacaan di perpustakaan, masyarakat khususnya siswa Sekolah Dasar (SD), kurang berminat datang ke perpustakaan, dan minat baca di kalangan sekolah dasar siswa tergolong rendah. Adapun metode pelaksanaan dalam kegiatan ini dengan program KKN yang bertemakan Pemanfaatan Pepustakaaan dan Peningkatan Minat Baca di SDN Pondok Cabe Ilir 01 ini adalah kualitatif dengan pendekatan fenomologis dengan pemanfaatan kembali perpustakaan yang tersedia di SDN Pondok Cabe Ilir 01. Pengumpulan data yang digunakan dalam kegiatan ini diantaranya obersvasi, kajian literatur dan dokumentasi. Hasil pengabdian kepada masyarakat kelompok KKN UMJ memberikan edukasi mengenai pentingnya membaca buku serta memanfaatkan perpustakaan serta meningkatkan minat baca para siswa SDN Pondok Cabe Ilir 01. Kegiatan KKN ini dilaksanakan pada bulan Juli – Agustus 2022 dan diikuti oleh anak usia 7 – 9 tahun, khususnya siswa kelas 4A SDN Pondok Cabe Ilir 01. Kegiatan literasi terkait peningkatan minat membaca dan pemanfaatan perpustakaan dilakukan secara bertahap. Diantaranya : Pembukaan dan Pengenalan Program, Sosialisasi Literasi Membaca dan Peran Perpustakaan serta Membaca dan Menceritakan Buku yang dibaca di Perpustakaan sekolah. Program KKN “Pemanfaatan Perpustakaan dan Peningkatan Minat Baca di SDN Pondok Cabe Ilir 01” terlaksana dengan lancar dan cukup baik serta siswa sangat berantusias ketika kunjungan ke perpustakaan.
Full Text:
PDFReferences
Fahmy, Zulfa. Dkk. (2021). Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Sastra Indonesia, 10(2).
Hidayah, A. (2017). Pengembangan Model Til (The Information Literacy) Tipe The Big6 Dalam Proses Pembelajaran Sebagai Upaya Menumbuhkan Budaya Literasi Di Sekolah. Jurnal Penelitian Dan Penalaran, 4(1). Retrieved 18 August 2022, from http://journal.unismuh.ac.id/.
Ilza , Ma`azi. A. (2016). Efektivitas Pembelajaran Menggunakan Permainan Tradisional Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Materi Gaya di Kelas IV MIN Ngronggot Nganjuk. Dinamika Penelitian, 16(2).
Kasiyun, S. (2015). Upaya meningkatkan minat baca sebagai sarana mencerdaskan bangsa. Jurnal ilmu perpustakaan, 2(2), 80-95.
Katrina Saragih, Y., & Kasea Sinaga, R. (2022). Meningkatkan Minat Membaca Anak Anggota Sanggar Pelita Melalui Metode Belajar Sambil Bermain. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Sosial Dan Humaniora, 1(2). https://doi.org/10.55123/abdisoshum.v1i2.582.
Khoiruddin, Arif, Imam Taulabi dan Ali Imron. 2016. Menumbuhkan Minat Baca Sejak Dini di Taman Baca Masyarakat. Journal An-nafs. Volume 1 (No. 2).
Novriliam, R., & Yunaldi. (2012). Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah Sebagai Pusat Sumber Belajar Di Sekolah Dasar Negeri 23 Painan Utara. Jurnal Ilmu Informasi Perpustakaan Dan Kearsipan, 1(1).
OECD. (2014). PISA 2009 & PISA 2012 Results in Focus. Programe For International Student Assesment, dari http://www.oecd.org/pisa/keyfindings/pisa-2012-resultsoverview.pdf.
Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan
Permendikbud Nomor 21 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti.
Rahmawati, A. (2022). Pengembangan Minat Baca Anak Di Era Digital. JOMPA ABDI: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2). Retrieved 18 August 2022, from https://jurnal.jomparnd.com/index.php/jpabdi.
Silvia, S.W.L (2020). Membangun Budaya Literasi Membaca Dengan Pemanfaatan Media Jurnal Harian……………
Subadi, Tipto. (2006). Metode Penelitian Kualitatif. Surakarta :Muhammadiyah University Press.
Sumardi, A., Luthfi, Farihen, & Putri, S. (2020). Meningkatkan Minat Baca Melalui Perpustakaan Mini pada Anak SD di Bekasi Utara. Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ. Retrieved 18 August 2022, from http://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat.
Toemon, S., Nafisah, S., & Ashari, A. (2020). Apa Saja Manfaat Membaca Buku? Ini Manfaat yang Didapatkan dari Kebiasaan Membaca! Belajar dari Rumah SD Kelas 1-3 - Bobo. Bobo. Retrieved 18 August 2022, from https://bobo.grid.id/read/082429019/apa-saja-manfaat-membaca-buku-ini-manfaat-yang-didapatkan-dari-kebiasaan-membaca-belajar-dari-rumah-sd-kelas-1-3?page=all.
Undang-Undang Republik Indonesia. 2007. Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2007 Tentang Perpustakaan
Wiedarti, dkk. (2016). Desain Induk Gerakan Literasi Sekolah. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Dan Menengah Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.
Winanto Yunus, dkk, (2017). Kebiasaan Membaca dan Kebutuhan Bahan Bacaan Pemustaka Anak-anak di Perpustakaan Daerah Kabupaten Bandung (Penelitian Survei). 5(1), 59-66, Retrieved from http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/khizanah-al-hikmah/article/download/2288/2683
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:
==============================================================================================================
Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756
E-ISSN: 2714-6286
==============================================================================================================