PENGENALAN DAN PELATIHAN PEMBUATAN TANAMAN HIAS DENGAN TEKNIK KOKEDAMA DI DESA BEDAHAN KECAMATAN SAWANGAN

Ade Maulida, Fadillah Dwi Aulia, Siti Suharni, Nadia Choirunnisa, Noor Latifah A

Abstract


Pandemic Covid19 membawa dampak terhadap perekonomian dunia termasuk di Indonesia. Perekonomian di Indonesia mengalami deflasi sehingga mengakibatkan meningkatnya angka pengangguran dan kemiskinan. Sebagai upaya untuk meningkatkan perekonomian masyarakat, salah satunya dengan menciptakan peluang usaha yaitu usaha tanaman hias Kokedama. Kokedama adalah teknik menanam dengan media tanam lumut. Cara ini merupakan seni tradisional asal Negeri Matahari Terbit, Jepang. Kokedama biasa disebut juga dengan bola lumut Jepang. Tanah yang ditanami benih lumut lalu dibentuk bulat. Jika kebanyakan dari kita menggunakan pot sebagai media tanam, maka kokedama adalah seni menanam tanpa pot. Tujuan dari penulisan artikel ini adalah untuk memaparkan teknik kokedama sebagai salah satu alternatif budidaya tanaman dan sebagai peluang usaha untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Kegiatan pendampingan ini dilakukan di desa Bedahan, Sawangan, Depok. Metode yang dipakai adalah dengan melibatkan ibu-ibu dalam pelatihan penanaman sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat. Hasil dari pendampingan ini adalah bertambahnya pengetahuan, wawasan serta keteramilan dari masyarakat terutama ibu-ibu dalam membuat tanaman hias Kokedama dan juga dapat dijadikan sebagai peluang usaha dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.


Full Text:

PDF

References


Badan Kebijakan Fiskal dan UNICEF Indonesia. (2021). Ringkasan Kebijakan: Dampak COVID-19 terhadap kemiskinan dan mobilitas anak di Indonesia. Retrieved from Unicef website: https://www.unicef.org/indonesia/id/coronavirus/laporan/ringkasan-kebijakan-dampak-covid-19-kemiskinan-mobilitas-anak?gclid=CjwKCAjw6raYBhB7EiwABge5KuyOSs_tuZVAX4-5vl93MfRbRo0guGVz8Y-m0_hr8yPEv2nP2weNtRoCYUgQAvD_BwE

Beni Prabowo, Alean Kistiani Hegy Suryana, Donna Setiawati. 2021. Sosialisasi Dan Pendamingan Pembuatan Laporan Keuangan Sederhana Untuk Meningkatkan Pendapatan Pelaku Umkm Di Desa Bercak, Kecamatan Wonosamudro, Kabupaten Boyolali. Intelektiva : Jurnal Ekonomi, Sosial & Humaniora. Vol, 2 (10) : 44.

Pratiwi, Y. R. (2022). Pemulihan Perekonomian Indonesia Setelah Kontraksi Akibat Pandemi Covid-19. Retrieved from Kementerian Keuangan RI website: https://www.djkn.kemenkeu.go.id/kpknl-banjarmasin/baca-artikel/14769/Pemulihan-Perekonomian-Indonesia-Setelah-Kontraksi-Akibat-Pandemi-Covid-19.html

Saputra, N. E., Hernanda, H.B., Nurhuda, N., Ridwan, F.N., dan Ardhi, M.W. 2019. Pelatihan Bioentrepreneurship melalui Pembuatan Kokedama di Panti Asuhan Anak Luar Biasa Asih Madiun. CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Vol. 2(1) : 101–104.

Sinaga, H.D.E., Hutahaean, J., dan Siagian, Y. (2020). Kreatif, Indah, dan Berpeluang Bisnis Lewat Kokedama. Aptekmas Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 3(3). 34-37.

Thomson, D. 2016. Kokedama – The Japanese String Gardens. http://www.medium.com (diakses pada 19 Agustus 2022)

Trahutami, S.I., dan Wiyatasari, R. 2019. Pengenalan dan Pelatihan Penanaman dengan Teknik Kokedama untuk Ibu-Ibu PKK. Jurnal Harmoni. Vol, 3(2) : 36-39.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ