PENYULUHAN EDUKASI PENGARUH KENAKALAN REMAJA TERHADAP PENYAKIT HIV/AIDS PADA REMAJA DI SMPN 01 PAMIJAHAN, BOGOR

Safira Ayu Paramitha, Pajrianti Muslimah, Muhamad Rizqi Arbiansyah Putra, Usman Alfarisi

Abstract


Masa remaja merupakan masa di mana dianggap sebagai masa topan badai dan stress (Storm and Stress) karena mereka telah memiliki keinginan bebas untuk menentukan nasib sendiri, kalau terarah dengan baik maka ia akan menjadi seorang individu yang memiliki rasa tanggungjawab, tetapi kalau tidak terbimbing maka bisa menjadi seorang yang tak memiliki masa depan dengan baik. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah upaya untuk meningkatkan pengetahuan para remaja dengan cara mengedukasi mengenai bahaya dari kenakalan remaja yang akan berdampak bagi masa depan mereka, salah satu dampak buruknya adalah terinfeksi HIV/AIDS. Metode pelaksanaan yang kami lakukan adalah dengan metode penyuluhan Komunikasi, Informasi, dan Edukasi menggunakan media Power Point. Dan hasil dari penyuluhan yang kami lakukan pada para siswa-siswi SMP Negeri 01 Pamijahan yaitu dapat memahami dengan baik dan juga terlihat interaktif serta dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan yang kelompok kami ajukan mengenai pengaruh kenakalan remaja terhadap penyakit HIV/AIDS.


Full Text:

PDF

References


Elisanti, A. D. (2018). Buku HIV-Aids, Ibu Hamil Dan Pencegahan Pada Janin - Deepublish. EBook.

Kementerian Kesehatan RI. (2020). Laporan Perkembangan HIV AIDS & Penyakit Infeksi Menular Seksual (PIMS) Triwulan IV Tahun 2020.

Purnama, Y. (2020). Faktor Penyebab Seks Bebas Pada Remaja. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 5(2), 156-163.

Rahayu, S., Nuryanti, Y., Faidiban, R. H., Manokwari, P. A., Iii, P. D., Poltekkes, K. M., & Sorong, K. (n.d.). Faktor-Faktor Yang Menyebabkan IMS Pada Ibu Hamil Di Puskesmas Amban Manokwari HIGHLIGHTS. http://ejournal.poltekkesjogja.ac.id/index.php/caring/

Sumara, D. S., Humaedi, S., & Santoso, M. B. (2017). Kenakalan remaja dan penanganannya. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2).

UNAIDS. (2020). Data 2020. Programme on HIV/AIDS, 1–248. https://www.unaids.org/en/resources/documents /2020/unaidsdata%0Ahttp://www.unaids.org/sites/default/file s/media_asset/20170720_Data_book_2017_en.p df


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ