PELATIHAN LITERASI DIGITAL DALAM BERORGANISASI “PENDIDIKAN, KESEHATAN, SOSIAL, DAN EKONOMI; PENDIDIKAN KELUARGA DAN MASYARAKAT”

Wika Soviana Devi, Linda Astriani, Muhammad Sahrul, Muhammad Aspar, Tiara Savitri

Abstract


Literasi Digital merupakan sebuah kemampuan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk menemukan, mengevaluasi, memanfaatkan, membuat, dan mengomunikasikan konten/informasi, dengan kecakapan kognitif maupun teknikal. Kegiatan Pengabdian Masyarakat yang dilakukan oleh tim dosen dari Fakultas Ilmu Pendidikan dan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Muhammadiyah Jakarta yang melakukan pelatihan secara berkala kepada remaja di wilayah Ciputat. Dilakukan secara daring selama tiga hari. Melalui pendampingan ini diharapkan masyarakat makin cerdas dan makin bijak lagi dalam memanfaatkan gawai yang mereka miliki. Luaran yang ditargetkan dalam pengabdian ini adalah metode baru yang dapat digunakan untuk menyebarluaskan literasi digital pada remaja serta sebuah publikasi ilmiah pada jurnal pengabdian masyarakat.


Full Text:

PDF

References


Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. 2017. Materi Pendukung Literasi Digital.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. 2017. Flyer Literasi Digital. Kemkominfo. Pengguna Internet di Indonesia 63 Jutra Orang. 2013 diakses dalam http://kominfo.go.id/index.php/content/detail/3415/Kominfo+ %3A+Pengguna+Internet+di+In donesia+63+Juta+Orang/0/berita_satker#.VZSiYv48o4Q.

Kemkominfo. Siaran Pers Tentang Riset Kominfo dan UNICEF Mengenai Perilaku Anak dan Remaja Dalam Menggunakan Internet. 2014, diakses dalam http://kominfo.go.id/index.php/content/detail/3834/Siaran+Pers+No.+17-PIHKOMINFO-22014+tentang+Riset+Kominfo+dan+UNICEF+Mengenai+Perilaku+Anak+dan+Remaja+Da lam+Menggunakan+Internet+/0/siaran_pers#.VKB3JV4AA.

Sugihartati, Rahma. Perkembangan Masyarakat Informasi dan Teori Sosial Kontemporer. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2014.

Kurnia, Novi dkk. 2017. Literasi Digital Keluarga. Yogyakarta: Center for Digital Society (CfDS) FISIP UGM.

Tamburaka, Apriadi. 2013. Literasi Media: Cerdas Bermedia Khalayak Media Massa. Jakarta: Rajawali Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ