PEMBERIAN PENYULUHAN KESEHATAN UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT (PHBS) DALAM MENCEGAH PENYAKIT DEMAM BERDARAH DENGUE (DBD) DI RT.01/ RW.01 PONDOK CABE ILIR

Muhammad Irfan Pratama, Listya Nur 'Aini, Yoga Prasetio, Sandy Christian Sulaksono, Roby Rivaldo, Gema Fitriyano

Abstract


Perilaku Hidup Bersih dan Sehat adalah sekumpulan perilaku yang dilakukan oleh seseorang dalam menjalankan keseharian. Pola hidup Perilaku Hidup Bersih dan Sehat harus diterapkan sedari dini supaya menjadi kebiasaan bagi masyarakat. Perilaku tersebut baik untuk diterapkanĀ  sebagai pencegehan Demam Berdarah Dengue (DBD). Demam Berdarah Dengue (DBD) adalah penyakit yang disebabkan oleh nyamuk. Nyamuk yang menyebabkan Demam Berdarah Dengue (DBD) Aedes aegypti dan Aedes albopictus. Penyelenggaraan hal tersebut kemudian dituangkan dalam kegiatan pengabdian kemasyarakatan. Selanjutnya dilakukan survey pada Jl. Talas II, RT.01/ RW.01, Pondok Cabe Ilir, Pamulang. Setelah dilakukan survey didapatkan data ada 2 orang mengalami penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) pada bulan Juli 2022. Selanjutnya kelompok 30 Kuliah Kerja Nyata Universitas Muhammadiyah Jakarta menjalankan kegiatan penyuluhan. Metode penelitian yang digunakan Forum Group Discusiun (FGD). Kegiatan yang dilakukan door to door, pembuatan leaflet dan poster. Selanjutnya melakukan pengumpulan warga di balai desa untuk dilakukannya kegiatan penyuluhan. Penyuluhan menjelaskan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat untuk dilakukan pada kegiatan sehari-hari. Setelah itu menjelaskan ciri-ciri nyamuk Demam Berdarah Dengue (DBD), cara pencegahan, dan penanganan terhadap suspect Demam Berdarah Dengue (DBD). Setelah dilakukan penyuluhan kemudian dilakukan tanya jawab untuk mengetahui tingkat pemahaman masyarakat terhadap penyuluhan yang dilakukan. Beberapa peserta bisa menjawab, sehingga bisa dijadikan sebagai acuan pengetahuan bahwa peserta sudah memahami materi penyuluhan.

Full Text:

PDF

References


Br. Hasibuan, S. P., Rezeki, S., Paradhiba, M., & Riandi, L. V. (2021). Gerakan Masyarakat Hidup Sehat Terhindar Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD). Jurnal Pengabdian Masyarakat (Kesehatan), 3 (No 1).

Dewi, T. F., Wiyono, J., & Ahmad, Z. S. (2019). HUBUNGAN PENGETAHUAN ORANG TUA TENTANG PENYAKIT DBD DENGAN PERILAKU PENCEGAHAN DBD DI KELURAHAN TLOGOMAS KOTA MALANG. Nursing News.

Madeira, E., Yudiernawati, A., & Maemunah, N. (2019). HUBUNGAN PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT (PHBS) IBU DENGAN CARA PENCEGAHAN DEMAM BERDARAH DENGUE. Nursing News, 4 (No 1).

Muhani, N., Febriani, C. A., Yanti, D. E., Rahmah, A., Rafika, E., Sari, F. A., . . . Pratiwi, Y. A. (2022). PENYULUHAN PENERAPAN HIDUP BERSIH DAN SEHAT (PHBS) TATANAN SEKOLAH DI SDN 01 LANGKAPURA. Jurnal Loyalitas Sosial.

Nur, Y. M., Eliza, & Haria, W. E. (2020). Faktor-Faktor Predisposisi yang berhubungan dengan Pencegahan DBD di Tanjung Basung Wilayah Kerja Puskesmas Pasar Usang. Jurnal Akademika Baiturrahim Jambi .

Widhawati, R., & Sholehah, M. (2018). PENGARUH JAMBU BIJI TERHADAP KENAIKAN TROMBOSIT PASIEN DEMAM BERDARAH DENGUE (DBD) DI RUANG AYANA RUMAH SAKIT PERMATA IBU KUNCIRAN TANGERANG. Jurnal Kesehatan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ