PENGEMBANGAN KREATIVITAS GUNA MELATIH MOTORIK HALUS PADA ANAK USIA DINI DI PAUD PELANGI JOMBANG, KOTA TANGERANG SELATAN

Muhammad Hafiz Sebastian, Natasya Amelia Putri, Miftah Hasana Lubis, Rahmawati Madanih

Abstract


Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam pendidikan lebih lanjut. Untuk mengembangakan seluruh potensi yang dimiliki anak usia dini, anak perlu dibimbing untuk memahami dan melakukan keterampilan  yang dibutuhkan untuk mengembangkan potensi tersebut. Salah satu potensi yang perlu dikembangakan adalah motorik halus. Program kerja yang kelompok lakukan adalah meremas kertas, Finger Painting, dan kolase origami. Kegiatan ini ditujukan karena masih kurangnya kreativitas pada PAUD Pelangi maka dibutuhkan kegiatan yang mampu membuat anak semakin aktif, tertarik, senang, dan lebih antusias dalam mengikuti Kegiatan Belajar Mengajar. Metode yang digunakan yaitu menggunakan observasi dan dokumentasi. Observasi dilakukan saat kegiatan berlangsung dan dokumentasi dalam kegiatan juga dilakukan berupa foto yang menjadi bukti bahwa kegiatan benar berlangsung. Hasil Dari 3 program kerja yang telah dilakukan berjalan dengan baik, semua anak dapat mengikuti kegiatan yang telah diarahkan walaupun beberapa anak terdapat sedikit kendala dalam kerapihan saat menempel di sketsa. maka dibutuhkan kegiatan yang mampu membuat anak semakin aktif, tertarik, senang, dan lebih antusias dalam mengikuti Kegiatan Belajar Mengajar (KBM).

Full Text:

PDF

References


Musfiroh, T. (2017) ‘Kreativitas Anak Usia Dini dan Implikasinya dalam Pendidikan’, disajikan di hadapan guru-guru Play Group dan TK Kreatif Primagam, di PPPG Matematika, pp. 3–4. Available at: staffnew.uny.ac.id › upload › pengabdian › KREATIVITAS+ANAK+USIA.

NURLAILI (2019) Modul Pengembangan Motorik Halus Anak Usia Dini, Modul.

SEPTIANA, A. (2018) ‘MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI SENI MEMBATIK DI TAMAN KANAK-KANAK PERMATA BUNDA KEMILING BANDAR LAMPUNG’, Biomass Chem Eng, 3(2), p. 101. Available at: http://journal.stainkudus.ac.id/index.php/equilibrium/article/view/1268/1127%0Ahttp://publicacoes.cardiol.br/portal/ijcs/portugues/2018/v3103/pdf/3103009.pdf%0Ahttp://www.scielo.org.co/scielo.php?script=sci_arttext&pid=S0121-75772018000200067&lng=en&tlng=.

Syardiansah, S. (2019) ‘Peranan Kuliah Kerja Nyata Sebagai Bagian Dari Pengembangan Kompetensi Mahasiswa’, JIM UPB (Jurnal Ilmiah Manajemen Universitas Putera Batam), 7(1), pp. 57–68. doi: 10.33884/jimupb.v7i1.915.

Wirastuti, S. A. (2014) ‘Upaya Meningkatkan Perkembangan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Kegiatan Finger Painting Di Tk Aisyiyah Slahung’, Paya Meningkatkan Perkembangan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Kegiatan Finger Painting Di Tk Aisyiyah Slahung, pp. 6–21. Available at: http://eprints.umpo.ac.id/4531/.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ