MEMBANGUN KESADARAN KESEHATAN WARGA DENGAN PENYULUHAN PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT (PHBS) DI DESA CIDOKOM KECAMATAN RUMPIN KABUPATEN BOGOR

Shella Rahmadani Kamila, Nur Fadila Renhoat, Satrio Malik Bawono, Lhutfi Dimas Dwi Cahyo, Siska Yuningsih

Abstract


Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan salah satu program kegiatan yang dibuat oleh Universitas Muhammadiyah Jakarta sebagai bentuk implementasi Catur Dharma Perguruan Tinggi Muhammadiyah. Dalam kondisi yang tidak memungkinkan mahasiswa tetap dituntut menjadi agen perubahan serta pelayan masyarakat yang baik. Perilaku Hidup Bersih dan Sehat sampai saat ini masih menjadi salah satu perilaku yang masih kurang untuk diperhatikan dan diterapkan dikalangan masyarakat luas. PHBS merupakan suatu pola hidup yang harus dilakukan dimulai dari kalangan keluarga dengan memperhatikan dan menjaga kesehatan tubuhnya. Pelaksanaan kegiatan KKN ini dilaksanakan secara langsung dengan turun ke lapangan. Program penyuluhan kesehatan tentang PHBS ini diikuti oleh ibu-ibu warga Kp. Babakan Sirna Desa Cidokom. Kegiatan ini dilaksanakan bertujuan supaya ibu-ibu dapat memulai mencegah terjangkitnya penyakit terutama pada anak-anaknya yang masih pada usia balita serta menerapkan PHBS di lingkungan kelurganya. Penyuluhan dilakukan dengan memberikan materi mengenai PHBS, tata cara mencuci tangan dengan air dan sabun, pembagian poster PHBS dan pembagian sabun cuci tangan. Ibu-ibu yang hadir dalam acara penyuluhan tersebut terlihat antusiat untuk mengikuti seluruh rangkaian acara hingga selesai.

Full Text:

PDF

References


Astuti, W., Ayun, & Marfuah. (2021). Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) pada Anak Sekolah di Taman Bacaan Perigi, Kedaung, Sawangan, Depok. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol.2(2):315.

Ayu, S. M., Kurniawan , A., Ahsan, M. A., & Anam, A. K. (2018). Peningkatan Kesehatan Melalui Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Sejak Dini di Desa Hargomulyo Gedang Sari Gunung Kidul. Jurnal Pemberdayaan Hasil pengabdian Kepada Masyarakat, Vol.2(1):21-22.

Julianti, R., Nasirun, M., & Wembrayarli. (2018). Pelaksanaan Perilaku Hidup dan Sehat di Lingkungan Sekolah. Jurnal Ilmiah Potensia, Vol.3 (1):12-13.

Nurhajati, N. (2015). Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Masyarakat Desa Samir dalam Meningkatkan Kesehatan Masyarakat. Jurnal Kesehatan, 2-4.

Ridlo, I. A., & Wati, P. D. (2020). Perilaku Hidup Bersih dan Sehat pada Masyarakat di Kelurahan Rangkah Kota Surabaya. Jurnal Promkes: The Indonesian Journal of Health Education, Vol.8 (1):48-50.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ