LITERASI KESEHATAN DI WILAYAH KELURAHAN CILANGKAP JAKARTA TIMUR TAHUN 2022

Mochamad Faiz Abdurrahman, Aisyah Ayu Widiyanti, Aida Khoirunnisa, Wahyudi Wahyudi, Aditya Rifki Wahyudi, Farhan Naufal Syarif, Ihsan Priyanto, Harmonis Harmonis

Abstract


Dalam teori H.L. Blum terdapat 4 faktor yang dapat mempengaruhi kesehatan baik individu, kelompok ataupun masyarakat yaitu, lingkungan, perilaku, pelayanan kesehatan dan keturunan. Dari ke empat faktor tersebut, perilaku menjadi salah satu yang memberikan pengaruh besar, karena perilaku dapat mempengaruhi seseorang dalam bertindak. Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) merupakan semua perilaku yang dilakukan atas kesadaran seseorang sehingga anggota keluarga atau keluarga dapat menolong dirinya sendiri pada bidang kesehatan dan berperan aktif dalam kegiatan-kegiatan kesehatan di masyarakat. Masalah kesehatan yang dapat timbul jika tidak menerapkan PHBS diantaranya cacingan, diare, masalah saluran pernafasan akut (ISPA), dan lain-lain. Oleh karena itu, diperlukan suatu kegiatan untuk meningkatkan pengetahuan dan merubah perilaku seseorang mengenai PHBS. Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan merubah perilaku mengenai PHBS. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini meliputi penyuluhan, pemberian poster dan e-booklet, praktik Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) dan membuat pojok baca. Kegiatan dilakukan secara tatap muka, bertempat di Sasana Krida Karang Taruna Kelurahan Cilangkap pada tanggal 14 Agustus 2022. Hasil dari dilaksanakannya kegiatan ini adalah terjadi peningkatan pengetahuan antara sebelum dengan sesudah penyuluhan berdasarkan hasil pre test dan post test.  Selain itu, kegiatan berjalan lancar dan peserta yang hadir aktif memberi tanggapan serta berdiskusi bersama secara langsung tanpa adanya perantara baik itu ketika penyuluhan ataupun ketika melakukan praktik. Kesimpulan dari kegiatan ini yaitu kegiatan berjalan dengan baik sesuai dengan yang telah direncanakan dari awal sampai berakhirnya kegiatan.


Full Text:

PDF

References


Adliyani, Z. (2015). Pengaruh Perilaku Individu terhadap Hidup Sehat. Majority, 4(7).

Kemenkes RI. (2011). Pedoman Pembinaan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Jakarta: Kementerian Kesehatan RI.

Kemenkes RI. (2018). Perilaku Hidup Bersih Sehat. Retrieved 20 August 2022, from https://promkes.kemkes.go.id/perilaku-hidup-bersih-sehat.

Lestari, A. (2019). Hubungan Pengetahuan dan Sikap Terhadap Perilaku Cuci Tangan pada Masyarakat Kelurahan Pegirian. Jurnal Promkes: The Indonesian Journal Of Health Promotion And Health Education, 7(1).

Mudawaroch, R. (2020). Pengaruh Pengetahuan dan Sikap Terhadap Perilaku Mahasiswa dalam Mengahadapi Virus Corona. SEMINAR NASIONAL & CALL FOR PAPER HUBISINTEK 2020.

Puteri, A., & Yuristin, D. (2021). Penyuluhan Kesehatan Mengenai Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) pada Anak Usia Sekolah di Desa Binuang Kecamatan Bangkinang. COVIT(Community Service Of Tambusai) : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1).

Rangkuti, A., Karimah, B., & Putri, D. (2020). Meningkatkan Derajat Kesehatan Masyarakat Dusun Pringgolayan dengan Menerapkan 5 Pilar Sanitasi Total Berbasis Masyarakat. Jurnal Pemberdayaan: Publikasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ