PENINGKATAN PENGETAHUAN ANAK USIA DINI TERHADAP PERILAKU CUCI TANGAN DENGAN PENERAPAN MEDIA MODERN

Nur Tsinallah, Hana Hana, Ahmad Zahran, Fini Fajrini

Abstract


Kondisi kesehatan masyarakat di wilayah  PAUD Sahdan Ilmi berada, diketahui masih terdapat beberapa anak yang mengalami permasalahan kesehatan seperti gizi buruk. Gizi buruk dapat ditimbulkan karena berbagai aspek yang di antaranya yaitu kurang terjaganya kebersihan diri atau personal hygiene yang timbul karena anak gemar bermain kotor, tidak memotong kuku, dan tidak rajin mencuci tangan menggunakan sabun. Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) seperti Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) merupakan hal yang penting untuk dilakukan oleh anak-anak, karena mereka merupakan kelompok usia yang rentan terserang penyakit. Pelaksanaan program edukasi dan praktik mencuci tangan menggunakan sabun di PAUD Sahdan Ilmi bertujuan agar para murid dapat mengetahui informasi penting mengenai cuci tangan dan juga dapat melakukan cuci tangan dengan baik dan benar. Pelaksanaan pemberian edukasi dilakukan menggunakan metode modern melalui media visual dan audio visual.  Pemaparan materi diberikan dengan menampilkan slides Power Point yang berisi gambar-gambar ilustrasi serta pemutaran video dan juga lagu langkah-langkah cuci tangan. Hasil dari pelaksanaan program ini yaitu meningkatnya pengetahuan para murid mengenai pentingnya cuci tangan dan tata cara cuci tangan. Sebelum diadakan edukasi, para murid enggan menjawab ketika ditanyakan seputar cuci tangan dan tidak mampu mempraktikkan tata cara cuci tangan yang baik dan benar. Namun, setelah diberikan edukasi dan demonstrasi mengenai langkah-langkah cuci tangan, para murid menjadi dapat mempraktikkan sendiri tata cara cuci tangan dengan baik dan benar.


Full Text:

PDF

References


Bangun, Henny Arwina, Lia Rosa Veronika Sinaga, Jasmen Manurung, Seri Asnawati, and Ronni Naudur Siregar. 2020. “Sosialisasi Cuci Tangan Pakai Sabun Di PAUD Dan Taman Kanak Kanak Sekolah Sinar Mentari Desa Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang Sumatera Utara.” Jurnal Abdimas Mutiara 1(1):59–68.

Kemenkes RI. 2018. “Hasil Riset Kesehatan Dasar Tahun 2018.” Kementrian Kesehatan RI 53(9):1689–99.

Natalia, Bang Debby, Andrian Dektisa Hagiyanto, and Bernadette Dian Arini Maer. 2014. “Perancangan Media Pembelajaran Interaktif Tentang Mencuci Tangan Yang Benar Untuk Anak Usia 4-6 Tahun.” Jurnal Desain Komunikasi Visual Adiwarna.

Nurdiyanti, Septiya. 2019. “Implementasi Media Visual Dan Audiovisual Terhadap Pembelajaran Anak Usia Dini Di Era Revolusi Industri 4 . 0.” Universitas Sultan Ageng Tirtayasa 2(1):647.

Patel. 2019. “Persepsi Dan Perilaku Terhadap Kebiasaan Mencuci Tangan Menggunakan Sabun.” 9–25.

Sinaga, Lia Rosa Veronika, Seri Asnawati Munthe, and Henny Arwina Bangun. 2020. “Sosialisasi Perilaku Cuci Tangan Pakai Sabun Di Desa Sawo Sebagai - Bentuk Kepedulian Terhadap Masyarakat Ditengah Mewabahnya Virus Covid-19.” Jurnal Abdimas Mutiara 1(2):19–28.

Suprapto, Rohmat, Mardiyan Hayati, Silvia Nurbaity, Fitri Anggraeni, Satria Haritsatama, Tsamarah Qaulan Sadida, Almah Firoh, and Flandita Alri Pratama. 2020. “Pembiasaan Cuci Tangan Yang Baik Dan Benar Pada Siswa Taman Kanak-Kanak (TK) Di Semarang.” Jurnal Surya Masyarakat 2(2):139. doi: 10.26714/jsm.2.2.2020.139-145.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ