MENGEDUKASI WARGA BELAJAR TENTANG PENTINGNYA PENDIDIKAN DI PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT LANGGENG IKHLAS

Mochammad Fikar Warosa, Redemptus Dionisius Eda, Mellaty Qistina Septiani Sudarno, Muhammad Gerald Syarizal, Muhammad Bastian Zaidan, Gema Fitriyano

Abstract


Secara Etimologi atau asal-usul, kata pendidikan dalam bahasa inggris disebut dengan education, dalam bahasa latin pendidikan disebut dengan educatum yang tersusun dari dua kata yaitu E dan Duco dimana kata E berarti sebuah perkembangan dari dalam ke luar atau dari sedikit banyak, sedangkan Duco berarti perkembangan atau sedang berkembang. Jadi, Secara Etimologi pengertian pendidikan adalah proses mengembangkan kemampuan diri sendiri dan kekuatan individu. Menurut Kamus Bahasa Indonesia, pendidikan adalah proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan. Menurut Djumali (2013: 1) pendidikan adalah wahana untuk mempersiapkan manusia dalam problem kehidupan dimasa kini maupun dimasa mendatang. Peran pendidikan sangat penting untuk mempersiapkan sumber daya manusia yang berkualitas dan mampu berkompetensi dalam ilmu pengetahuan maupun teknologi. Oleh karena itu, perkembangan ilmu pengetahuan harus diperbaiki untuk meningkatkan mutu pendidikan. Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah salah satu program yang harus ditempuh oleh mahasiswa di perguruan tinggi. Program tersebut dilaksanakan sebagai implementasi dari salah satu Catur Dharma Perguruan Tinggi yaitu pengabdian masyarakat. Kelompok 30 KKN Universitas Muhammadiyah Jakarta pada periode 2022 menerapkan pengembangan di PKBM Langeng Ikhlas tempat KKN berlokasi yang dijadikan sebagai kelompok 30 berada Jl.Bakti No. 29, RT. 004\005. Kel. Bojongsari Baru, Kec. Bojongsari, Kota Depok, Jawa Barat. Dalam pelaksanaan kegiatan KKN ini dilakukan secara offline, Adapun metode yang dilakukan dalam penelitian ini, yaitu dengan metode penelitian deskriptif, serta pendekatan kualitatif. Kegiatan ini bertujuan untuk menambah ilmu pengetahuan, serta mengembangkan ilmu yang dimiliki peserta didik dan masyarakat yang mengikuti kegiatan yang diadakan oleh Kelompok 30 KKN Universitas Muhammadiyah Jakarta. Peserta didik berjumlah kurang lebih 30 orang, dimana dalam memudahkan pemberian materi yang diajarkan, peserta didik dibagi menjadi tiga kelompok yang disesuaikan dengan usianya masing-masing. Dapat disimpulkan hasil dari program kegiatan Kuliah Kerja Nyata yang telah dilakukan oleh kelompok 30 membuat peserta didik lebih memahami, juga bisa mempraktikan materi dengan baik.


Full Text:

PDF

References


Direktorat Pembinaan Pendidikan Masyarakat Dan Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini Nonformal dan Informal. (2012) Standart dan Prosedur Penyelenggaraan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat ( PKBM ).

Kamil, Musthofa. (2009) Pendidikan Nonformal Pengembangan Melalui Pusat Kegiatan Belajar Mengajar ( PKBM ) Di Indonesia, ( Sebuah Pembelajaran dari Kominkan Jepang), Bandung: Alfabeta.

Simanjuntak, Buhai. (2003) PKBM Peluang dan Tantangandalam Pembelajaran Masyarakat Visi Media Kajian Pendidikan Luar Sekolah dan Pemuda, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Husaini Usman. (2009) Manajemen, teori, praktik dan riset pendidikan, Jakarta: PT Bumi Aksara.

PKBM Yayasan Langgeng Ikhlas. (2022) Bojongsari, Kota Depok.

PKBM Langgeng Ikhlas Retrieved August 22, 2022, from https://infosekolah.net/index.php/info/sekolah/PKBM-Langgeng-Ikhlas/Kecamatan-Bojongsari/Kota%20Depok/Provinsi-JawaBarat/indonesia/955897290832c874c5217c96f4eec24dafc223d1.

PKBM Retrieved August 22, 2022, from https://datakata.wordpress.com/2014/11/28/pkbm-pusat-kegiatan-belajar-masyarakat/


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ