PENINGKATAN KESEHATAN LANSIA DI DESA LALANG DENGAN SENAM PAGI

Indah Febriza, Evi Satispi

Abstract


Fenomena penuaan penduduk (Ageing Population) dapat dimanfaatkan sebagai bonus demografi kedua dengan syarat tersedianya lansia yang sejahtera dan produktif dalam jumlah yang cukup. Lanjut Usia (Lansia) adalah seseorang yang telah mencapai usia 60 tahun keatas. Lansia secara umum akan mengalami penurunan biologis seperti menurunnya masa otot dan masa tulang, meningkatnya massa lemak dan penurunan fungsi kognitif. Senam dapat dilakukan untuk menghambat masalah-masalah tersebut dan menciptakan lansia yang sejahtera dan produktif. Kegiatan ini dilakukan pada tanggal  24 Juli, 31 Juli dan 7 Agustus 2022 di Lapangan Bola Taruna Desa Lalang, Kecamatan Manggar dan bekerja sama dengan Kelompok Senam Lansia Ceria. Metode yang dilakukan pada kegiatan ini adalah pendampingan untuk aktivitas fisik lansia berupa senam lansia. Hasil kegiatan ini semakin banyak lansia yang sadar akan kesehatannya dan bergabung dengan klub senam lansia ceria. Selain itu, cara mitra dalam melakukan kegiatannya menjadi semakin bervariasi.


Full Text:

PDF

References


Bella, Anjela et al. 2020. “Manfaat Senam Zumba Dalam Menurunkan Asam Urat.” : 609–17.

BPS. 2021. “Statistik Penduduk Lanjut Usia 2021.” 1999(December).

Iffah, Nur. 2019. “Pengaruh Senam Terhadap Penurunan Depresi Pda Lansia Di Posyandu Ke.Madyopuro, Kec.Kengkangdang Malang.” Conference on Research & Community Service.

Indreswari, Laksmi et al. 2020. “Pengaruh Senam Zumba Terhadap Rasio Lingkar Pinggang Dan Pinggul Wanita The Effect of Zumba Exercise to Women ’ s Waist Hip Ratio.” 6(2): 67–70.

Istianah, Ni Putu Sari Indriani, and Hapipah. 2022. “The Effectiveness of Healthy Heart Gymnastics on Blood Pressure and Sleep Quality in Elderly with Hypertension.” 9(1): 31–39.

Knajilhah, and Rahmawati Ramli. 2018. “Senam Lansia Menurunkan Tekanan Darah Pada Lansia Hipertensi.” Window of Health 1.

Meliyana, Ernauli, and Siti Maria Ulfa. 2019. “Pengaruh Senam Lansia Terhadap Tingkat Insomnia Pada Lansia Di Yayasan Bina Bhakti Sasana Tresnawherda Daritas Bekasi.” Malahayati Nursing Journal 1.

Ningsih, Ropika. 2019. “Efektivitas Pemberian Senam Lanjut Usia Terhadap Penurunan Tingkat Stres Usia Lanjut Di Panti Sosial Tresna Werdha.” MENARA Ilmu 13.

Pangiribuan, Resmi, and Nina Olivia. 2020. “Senam Lansia Pada Reumatoid Arthritis Dengan Nyeri Lutut Di UPT Pelayanan Sosial Lanjut Usia Binjai.” Indonesia Trust Health 3.

Putra, Edo Fralian, and Suharjana. 2018. “Model Senam Lansia Utuk Kebugaran Jasmani Dan Fungsi Otak.” Jurnal Keolahragaan 6.

Sartika, Andry et al. 2020. “Senam Lansia Menurunkan Tekanan Darah Pada Lansia.” Journal of Telenursing (JOTING) 2(1): 11–20.

Sitepu, Indra Darma, Muhammad Faisal, and Ansari Nasution. 2019. “PENGARUH LATIHAN SENAM JANTUNG SEHAT SERI I TERHADAP PENINGKATAN KAPASITAS VITAL PARU BAGI PENSIUNAN WANITA P2TEL MEDAN.” 3(6): 80–86.

Suciana, Fitri, Sri Handayani, and Ikhsan Nur Ramadhani. 2018. “Pengaruh Senam Bugar Lansia Terhadap Penurunan Resiko Jatuh Pada Lansia.” Jurnal Ilmiah Kesehatan XI(I): 313–20.

Windri, Tabita Ma, Angkit Kinasih, and Thresia Pratiwi. 2019. “Pengarh Aktivitas Fisik Dengan Kualitas Hidup Lansia Hipertensi Di Panti Wredha Maria Sudarsih Ambarawa.” Jurnal Mitra Pendidikan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ