MENCIPTAKAN RUANG BELAJAR DAN BERMAIN YANG BERVARIATIF BERSAMA RUMAH BERMAIN CERIA

Authors

  • Wirawan Akbar Prodi Ilmu Komunikasi, Fak. Ilmu Sosial Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta Prodi Pendidikan Agama Islam, Fak. Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta Prodi Administrasi Publik, Fak. Ilmu Sosial Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta, Jakarta,
  • Mohammad Riski Setiawan Prodi Ilmu Komunikasi, Fak. Ilmu Sosial Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta Prodi Pendidikan Agama Islam, Fak. Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta Prodi Administrasi Publik, Fak. Ilmu Sosial Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta, Jakarta,
  • Yurico Ahlad Dino Prodi Ilmu Komunikasi, Fak. Ilmu Sosial Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta Prodi Pendidikan Agama Islam, Fak. Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta Prodi Administrasi Publik, Fak. Ilmu Sosial Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta, Jakarta,
  • Zahrie Rasyida Utomo Prodi Ilmu Komunikasi, Fak. Ilmu Sosial Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta Prodi Pendidikan Agama Islam, Fak. Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta Prodi Administrasi Publik, Fak. Ilmu Sosial Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta, Jakarta,
  • Nurfadhilah Nurfadhilah Prodi Ilmu Komunikasi, Fak. Ilmu Sosial Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta Prodi Pendidikan Agama Islam, Fak. Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta Prodi Administrasi Publik, Fak. Ilmu Sosial Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta, Jakarta,

Abstract

Permasalahan yang ada di Rumah Bermain Ceria ini yaitu kurangnya fasilitas yang memadai dalam menunjang pembelajaran, sehingga program belajar sambil bermain tebak-tebakan menggunakan infocus untuk menonton video animasi menjadi solusinya. Metode pelaksanaan pada program ini yaitu penyuluhan, diskusi dan aksi lapangan. Belajar sambil bermain tebak-tebakan yang dilakukan oleh kelompok KKN 70 ini dibantu oleh pengurus Rumah Bermain Ceria sehingga kegiatan ini bisa berjalan dengan lanjar. Hasil dari program belajar sambil bermain tebaik-tebakan ini yaitu lingkungan belajar yang lebih aktif, kreatif, nyaman dan antusiasme terhadap pembelajaran yang tinggi.

Author Biographies

Wirawan Akbar, Prodi Ilmu Komunikasi, Fak. Ilmu Sosial Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta Prodi Pendidikan Agama Islam, Fak. Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta Prodi Administrasi Publik, Fak. Ilmu Sosial Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta, Jakarta,

Prodi Ilmu Komunikasi, Fak. Ilmu Sosial Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah JakartaProdi Pendidikan Agama Islam, Fak. Agama Islam, Universitas Muhammadiyah JakartaProdi Administrasi Publik, Fak. Ilmu Sosial Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta, Jakarta,

Mohammad Riski Setiawan, Prodi Ilmu Komunikasi, Fak. Ilmu Sosial Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta Prodi Pendidikan Agama Islam, Fak. Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta Prodi Administrasi Publik, Fak. Ilmu Sosial Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta, Jakarta,

Prodi Ilmu Komunikasi, Fak. Ilmu Sosial Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah JakartaProdi Pendidikan Agama Islam, Fak. Agama Islam, Universitas Muhammadiyah JakartaProdi Administrasi Publik, Fak. Ilmu Sosial Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta, Jakarta,

Yurico Ahlad Dino, Prodi Ilmu Komunikasi, Fak. Ilmu Sosial Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta Prodi Pendidikan Agama Islam, Fak. Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta Prodi Administrasi Publik, Fak. Ilmu Sosial Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta, Jakarta,

Prodi Ilmu Komunikasi, Fak. Ilmu Sosial Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah JakartaProdi Pendidikan Agama Islam, Fak. Agama Islam, Universitas Muhammadiyah JakartaProdi Administrasi Publik, Fak. Ilmu Sosial Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta, Jakarta,

Zahrie Rasyida Utomo, Prodi Ilmu Komunikasi, Fak. Ilmu Sosial Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta Prodi Pendidikan Agama Islam, Fak. Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta Prodi Administrasi Publik, Fak. Ilmu Sosial Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta, Jakarta,

Prodi Ilmu Komunikasi, Fak. Ilmu Sosial Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah JakartaProdi Pendidikan Agama Islam, Fak. Agama Islam, Universitas Muhammadiyah JakartaProdi Administrasi Publik, Fak. Ilmu Sosial Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta, Jakarta,

Nurfadhilah Nurfadhilah, Prodi Ilmu Komunikasi, Fak. Ilmu Sosial Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta Prodi Pendidikan Agama Islam, Fak. Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta Prodi Administrasi Publik, Fak. Ilmu Sosial Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta, Jakarta,

Prodi Ilmu Komunikasi, Fak. Ilmu Sosial Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah JakartaProdi Pendidikan Agama Islam, Fak. Agama Islam, Universitas Muhammadiyah JakartaProdi Administrasi Publik, Fak. Ilmu Sosial Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta, Jakarta,

References

Depdiknas, P. B. (2002). Kamus Besar Bahasa Indonesia.

Hidayat, S. (2013). Teori dan Prinsip Pendidikan. PT Pustaka Mandiri.

Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia. (2018). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2018 tentang Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Anak Usia DIni dan Pendidikan Nonformal.

Lazwardi, D. (2017). Manajemen Kurikulum Sebagai Pengembangan Tujuan Pendidikan. Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 99-112.

Rusi Rusmiati Aliyyah, R. W. (2021). Pengabdian Kepada Masyarakat Melalui Kegiatan Pendampingan Pendidikan. Jurnal Masyarakat Mandiri, 664-665.

Sujana, I. W. (2019). Fungsi dan Tujuan Pendidikan Indonesia. ADI WIDYA Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 26-39.

Syah. (2008). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Remaja Rosdakarya.

Syardiansah. (2019). Pengembangan Kompetensi Mahasiswa (Studi Kasus Mahasiswa Universitas Samudra KKN Tahun 2017). Jim Upb, 57-68.

Downloads

Published

2022-11-20