HINDARI PENULARAN PENYAKIT DENGAN 5 LANGKAH CUCI TANGAN PAKAI SABUN PADA SISWA/I KELAS 4-6 MI AL-HIKMAH

Andri Andri, Muhammad Fajar Permana, Sasa Sagara, Juliah Juliah

Abstract


Deklarasi World Health Organization tentang Pandemi Global COVID-19 pada bertepatan pada 12 Maret 2020, Presiden Republik Indonesia menghasilkan Keputusan Presiden Nomor. 11 Tahun 2020 tentang Penetapan Kedaruratan Kesehatan Warga Corona Virus Disease 2019( COVID- 19) pada bertepatan pada 31 Maret 2020. CTPS jauh lebih efisien menewaskan bakteri, kuman, serta virus dibanding dengan cuci tangan dengan air saja. Sabun bisa dengan gampang menghancurkan membran lipid COVID- 19, membuat virus COVID- 19 tidak aktif. Berdasarkan pada landasan tersebut memberikan kepada kami alasan tentang bagaimana cara menjaga kesehatan melalui perilaku cuci tangan yang benar kepada anak-anak Mi Al-Hikmah. Memiliki 2 tahap metode edukasi yang pertama penjelasan teori dan yang kedua praktik CTPS. Hasil dan Pembahasan Menurut Samsuri (2018) dalam jurnal pendidikan anak Bunaya mengemukakan hasil penelitian nya bahwa Belajar sembari bermain ialah perihal yang berarti dalam proses pendidikan buat anak umur dini, Pengaruh nyanyian dalam belajar terhadap anak umur dini, membuat pendidikan lebih mengasyikkan. Pendidikan dengan nyanyian membuat energi ingat anak meningkat dalam mengingat suatu modul ajar. Pendidikan dengan nyanyian membuat anak lebih gampang dalam mengingat sesuatu modul ajar dibanding dengan sistem hafalan. Pendidikan dengan memakai nyanyian pengaruhi hasil belajar anak umur dini jadi lebih baik.


Full Text:

PDF

References


Soekidjo Notoatmodjo. 1993. Pengantar Pendidikan Kesehatan dan Ilmu Perilaku. Andi Offset: Yogyakarta

Hayati Nur DKK.2019.”Kegiatan Menyanyi dalam Pemebelajaran Anak Usia Dini” Dalam Jurnal Pendidikan Anak volume 8 ( hlm 116 – 127 ).Yogyakarta :Program Studi PG PAUD, Fakaulatas Ilmu Pendidikan , Universitas Negeri Yogyakarta.

Universitas Muhammadiyah Jakarta. Pengabdian - Universitas Muhammadiyah Jakarta [Internet]. [cited 2022 Aug 19]. Available from: https://umj.ac.id/pengabdian/

Nasution, Harahap. (2020). Penyuluhan Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) Dalam Rangkaian Kegiatan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS) Pada Siswa Madrasah Diniyah Awaliyah (MDA). Jurnal Pengabdian Masyarakat Aufa ( JPMA), Volume 2 No.1.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ