KAMPANYE KEBERSIHAN LINGKUNGAN MELALUI PROGRAM KERJA BAKTI DI DI GANG HAJI HASYIM RT 03 / RW013 , KELURAHAN CIPAYUNG , KECAMATAN CIPUTAT, KOTA TANGERANG SELATAN

Muhammad Azis, Hanifah Fauziah Suhendra, Hafizh Sidqi Al Gifari, Winda Dwi Astuti Zebua

Abstract


Gotong royong sebagai solidaritas sosial yang terjadi dalam kehidupan masyarakat telah menjadi nilai kearifan lokal (local genius) bangsa Indonesia. Gotong royong terjadi dalam beberapa kegiatan kehidupan untuk kepentingan bersama; seperti gotong royong dalam bentuk gotong royong saat pernikahan, atau khitanan, gotong royong jika terjadi musibah atau meninggalnya salah satu warga, dan gotong royong dalam bentuk pengabdian kepada masyarakat. Tradisi pengabdian masyarakat ini dilakukan untuk kepentingan bersama yang dilakukan secara sukarela atau tanpa pamrih. Setiap individu yang menjadi bagian dari suatu peran dalam masyarakat berpartisipasi secara aktif dengan mengorbankan segala kepentingan pribadinya. Nilai gotong royong dalam tradisi pengabdian masyarakat ini telah menjadi karakter bangsa yang diturunkan secara turun temurun oleh para pendahulu kita yang kaya akan nilai-nilai pendidikan. Namun, di era globalisasi saat ini, tradisi pengabdian masyarakat yang manfaatnya penting untuk pewarisan nilai-nilai luhur bangsa kini semakin kabur. Nilai gotong royong tampaknya mengalami pasang surut dalam kehidupan masyarakat saat ini. Sehingga diharapkan tradisi bakti sosial ini dapat bertahan sebagai bentuk gotong royong yang dilestarikan. Menjunjung tinggi tradisi ini tentunya tidak lepas dari peran masyarakat dalam membangun rasa kebersamaan, persatuan, dan kepedulian sosial. Sehingga orang-orang terpelajar tidak menjadi individualistis, tetapi mengutamakan kepentingan umum demi bangsa dan negaranya.


Full Text:

PDF

References


Munir, A. and Nurhayati, N. (2022) ‘Kampanye Kebersihan Lingkungan Melalui Program Kerja Bakti Membangun Desa Blang Krueng, Kecamatan Baitussalam, Aceh Besar’, Jurnal Riset dan Pengabdian Masyarakat, 2(1), pp. 1–7. doi: 10.22373/jrpm.v2i1.1495.

Yuliani (2019) ‘Penguatan Nilai Karakter Kepedulian melalui Kegiatan Kerja Bakti Bagi Siswa SD Negeri Kartasura 05 Kecamatan Kartasura Kabupaten Sukoharjo’, Jurnal Pendidikan, 28(3), pp. 329–338.

Muniarty, P. et al. (2022) ‘Pengabdian Kepada Masyarakat Melalui Kuliah Kerja Nyata Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bima’, Journal of Empowerment, 2(2), p. 172. doi: 10.35194/je.v2i2.1586.

Syardiansah, S. (2019) ‘Peranan Kuliah Kerja Nyata Sebagai Bagian Dari Pengembangan Kompetensi Mahasiswa’, JIM UPB (Jurnal Ilmiah Manajemen Universitas Putera Batam), 7(1), pp. 57–68. doi: 10.33884/jimupb.v7i1.915.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ