PROGRAM BANTUAN SOSIAL DALAM PEMBERDAYAAN ANAK ASUH DI YAYASAN SAHABAT YATIM RMJ CIATER TANGERANG SELATAN

Ahmad Hulaemi Roziem, Hafifah Dwi Lestari, Kholis Aqila, Anis Setiyanti

Abstract


Kuliah Kerja Nyata lahir dari hakikat pemikiran bahwa mahasiswa adalah seorang calon pemimpin yang juga harus dapat bekerja untuk memecahkan permasalahan yang ada pada masyarakat. Salah satu permasalahan yang ada pada masyarakat adalah kemiskinan. Pemberdayaan dapat dikatakan sebagai suatu proses menuju berdaya, atau proses untuk memperoleh sesuatu. Anak Asuh ialah anak yang dibesarkan oleh seorang individu ataupun lembaga untuk diberi bimbingan, pemeliharaan, perawatan, pendidikan serta kesehatan sebab orang tuanya ataupun satu diantara orang tuanya tidak bisa memberikan jaminan atas tumbuh kembang anak dengan baik. Bantuan Sosial merupakan salah satu hal yang harus di lakukan oleh setiap umat manusia, didalam hal tersebut banyak sekali keuntungan-keuntungan serta manfaat yang banyak di rasakan oleh para masyarakat. Pada pelaksanaan kegiatan ini, pendekatan pelakasanaan yang digunakan dalam program pemberian Bantuan Sosial dengan bermitra dengan Yayasan Sahabat Yatim RMJ yaitu menggunakan metode kulitatif deskriptif. Kegiatan ini dilaksanakan dengan pemberian bantuan sosial berupa uang tunai, sembako, rak buku, dan buku layak pakai. Kuliah Kerja Nyata (KKN) pada tahun 2022 ini dilaksanakan secara Hybrid, lalu di damping oleh satu Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) pada satu kelompok yang terdiri atas 15 mahasiswa yang berbeda fakultas, lalu dipecah lagi menjadi kelompok kecil yang berisikan 3 mahasiswa. Tujuan diberikannya bantuan sosial adalah untuk meringankan beban yang ada pada masyarakat dan sebagai penanggulangan terhadap masalah kemiskinan yang terjadi pada orang, keluarga, maupun kelompok masyarakat yang tidak memiliki atau mempunyai sumber mata pencaharian serta masyarakat yang tidak dapat memenuhi kebutuhan yang layak.

Full Text:

PDF

References


Arifqi, N. R. N., Yusuf, M., Hartanto, H., & ... (2021). Berbagi Masker Dan Handsanitaizer Kepada Masyarakat Di Wilayah Cirendeu. … Masyarakat LPPM UMJ. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat/article/view/10916

Hasanah, I. (2019). Pemberdayaan Anak Yatim Melalui Program Santunan Kambing Oleh Yayasan Dana Sosial Al Falah Sidoarjo [Universitas Negeri Sunan Ampel]. In Universitas Negeri Sunan Ampel. https://doi.org/.1037//0033-2909.I26.1.78

Maulidia, R., Suriyani, A. I., Fadhillah, R., & Setiyanti, A. (2021). Berbagi Kebahagiaan Untuk Masyarakat Berupa Sembako Pada RT.43/RW.01 Kelurahan Gandul, Kecamatan Cinere, Kota Depok Jawa Barat. 1–4.

Mogi A, et al. (2020). Bantuan Sosial Bagi Warga Terdampak Covid-19 Kampung Parigi RW 005. Jurnal Abdi Masyarakat HUMANIS, 1(2), 75–86.

Noor, M. (2011). Pemberdayaan Masyarakat. Jurnal Ilmiah CIVIS, 1, 2.

Pasal 1 angka 10 Undang-undang No 35 Tahun 2014 tentang Perlindungan Anak. (2014). Undang-Undang Republik Indonesia No 35 Tahun 2014. Undang-Undang Republik Indonesia.

Saragih, S. H. F. (2021). Pemberdayaan Anak-Anak Panti Asuhan Bani Adam ’As Di Kelurahan Mabar Kecamatan Medan Deli. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Wahyudin, Mardiantika, B., Fikri, M. H., Hutagalung, D. R., & Habibi, M. (2021). Pembagian Paket Sembako Sebagai Bentuk Bantuan Sosial Dalam Masa Transisi Pandemik Covid-19.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ