PENYULUHAN PHBS BERUPA CTPS DAN MENGAJAR SISWA SEKOLAH DASAR, PEMBERANTASAN JENTIK NYAMUK SERTA PELAKSANAAN BIAN DI DUSUN KAMPUNG TEGAL DESA PAGEDANGAN KABUPATEN TANGERANG

Ailsa Cattleya, Mutiara J Doneriani, Shefika C Kirana, Nisrina A S Kamila, Busahdiar Busahdiar

Abstract


Permasalahan yang bisa terlihat dari kondisi saat ini di Kampung Tegal Desa Pagedangan yaitu masih terdapat sekolah dasar yang tidak menerapkan pentingnya mencuci tangan, lingkungan yang kotor memicu pertumbuhan jentik nyamuk, sistem mengajar juga belum dirasakan keefektifan-nya, serta permasalahan stunting gizi pada anak juga masih belum terlaksanakan sepenuhnya pada program BIAN di Kampung Tegal. Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) merupakan salah satu bentuk pengimplementasian dari ilmu yang sudah di pelajari di bangku perkuliahan dan merupakan bentuk kontribusi mahasiswa untuk membentuk SDM masyarakat dan pembangunan Indonesia yang lebih baik. Program PHBS merupakan program yang bertujuan memberikan pengalaman belajar atau menciptakan suatu kondisi bagi perorangan, keluarga, kelompok dan masyarakat dengan membuka jalur komunikasi, memberikan informasi dan melakukan edukasi untuk meningkatkan pengetahuan, sikap dan perilaku sehingga masyarakat sadar mau dan mampu mempraktekkan PHBS melalui pendekatan advokasi bina suasana dan pemberdayaan masyarakat. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai perilaku hidup bersih dan sehat pada Kp Tegal Desa Pagedangan. Dengan ada kerja bakti pekerjaan lebih ringan, Pekerjaan cepat selesai,Mempererat persaudaraan,Dapat membina kerukunan,Memupuk sikap kebersamaan dan, menjauhkan diri dari sikap individual,Peduli dan peka terhadap orang lain. Dengan adanya Program Bulan Imunisasi Anak Nasional yaitu bertujuan untuk mencegah generasi kita, anak-anak kita untuk terjangkit jangan sampai terjangkit penyakit polio, measles (campak), rubela.


Full Text:

PDF

References


Aini, A., & Sriasih, M. (2020). Sosialisasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di Tempat Kerja Sebagai Upaya Pencegahan Penularan Covid 19. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 3(2).

Ariani, R., & Riza, F. V. (2019, October). Peningkatan Derajat Kesehatan Melalui Sosialisasi Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Sejak Dini. In Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan (Vol. 1, No. 1, pp. 319-322).

Bangun, Henny Arwina, Lia Rosa Veronika Sinaga, Jasmen Manurung, Seri Asnawati, and Ronni Naudur Siregar. 2020. “Sosialisasi Cuci Tangan Pakai Sabun Di PAUD Dan Taman Kanak Kanak Sekolah Sinar Mentari Desa Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang Sumatera Utara.” Jurnal Abdimas Mutiara 1(1):59–68.

Firdausi, U., Candra, L. F. K., & Karma, C. P. F. (2020). Pengabdian Masyarakat Dan Anak-Anak Melalui Kkn-T Mengenai Edukasi Pencegahan Covid-19 Di Desa Dukuh Cikupa. ABDIPRAJA (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(1), 14-23.

Gautama, B. P., Yuliawati, A. K., Nurhayati, N. S., Fitriyani, E., & Pratiwi, I. I. (2020). Pengembangan desa wisata melalui pendekatan pemberdayaan masyarakat. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(4), 355-369.

Hardiana, D. (2018). Perilaku Masyarakat dalam Menjaga Kebersihan Lingkungan Pantai Kecamatan Sasak Ranah Pasisie Kabupaten Pasaman Brat. Jurnal Buana, 2(2), 495-495.

Hotima, S. H. (2020). Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Era New Normal. Majalah Ilmiah Pelita Ilmu, 3(2), 188-205.

Kemenkes RI. 2018. “Hasil Riset Kesehatan Dasar Tahun 2018.” Kementrian Kesehatan RI 53(9):1689–99.

Khairunnisa, K., Jiwandono, I. S., Nurhasanah, N., Dewi, N. K., Saputra, H. H., & Wati, T. L. (2019). Kampanye Kebersihan Lingkungan Melalui Program Kerja Bakti Membangun Desa Di Lombok Utara. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 2(2).

Kusumawardani, E. F. (2020). Pengembangan Prototype Sistem Pencatatan Imunisasi Anak Sekolah Pada Program Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) Berbasis Online Dengan Sistem Near-Field Communication (NFC) Di Dinas Kesehatan Kota Surabaya (Doctoral dissertation, Universitas Airlangga).

Mea, M. H. C. D. (2020). Kampanye Kebersihan Lingkungan Melalui Program Kerja Bakti Mahasiswa Program Studi Manajemen Di Kelurahan Potulando, Kecamatan Ende Tengah, Kabupaten Ende. Mitra Mahajana: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 54-58.

Natalia, Bang Debby, Andrian Dektisa Hagiyanto, and Bernadette Dian Arini Maer. 2014. “Perancangan Media Pembelajaran Interaktif Tentang Mencuci Tangan Yang Benar Untuk Anak Usia 4-6 Tahun.” Jurnal Desain Komunikasi Visual Adiwarna.

Nurdiyanti, Septiya. 2019. “Implementasi Media Visual Dan Audiovisual Terhadap Pembelajaran Anak Usia Dini Di Era Revolusi Industri 4 . 0.” Universitas Sultan Ageng Tirtayasa 2(1):647.

Patel. 2019. “Persepsi Dan Perilaku Terhadap Kebiasaan Mencuci Tangan Menggunakan Sabun.” 9–25.

SA’ADAH, N. U. R. (2019). DETERMINAN YANG MEMPENGARUHI PENERIMAAN TERHADAP PROGRAM BULAN IMUNISASI ANAK SEKOLAH (BIAS) DI SDIT NURUL HUDA PURBALINGGA (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Purwokerto).

Sinaga, Lia Rosa Veronika, Seri Asnawati Munthe, and Henny Arwina Bangun. 2020. “Sosialisasi Perilaku Cuci Tangan Pakai Sabun Di Desa Sawo Sebagai - Bentuk Kepedulian Terhadap Masyarakat Ditengah Mewabahnya Virus Covid-19.” Jurnal Abdimas Mutiara 1(2):19–28.

Suprapto, Rohmat, Mardiyan Hayati, Silvia Nurbaity, Fitri Anggraeni, Satria Haritsatama, Tsamarah Qaulan Sadida, Almah Firoh, and Flandita Alri Pratama. 2020. “Pembiasaan Cuci Tangan Yang Baik Dan Benar Pada Siswa Taman Kanak-Kanak (TK) Di Semarang.” Jurnal Surya Masyarakat 2(2):139. doi: 10.26714/jsm.2.2.2020.139-145.

https://rzkgnw.files.wordpress.com/2017/05/579371_proposal-cb.pdf

https://civilstruktur.blogspot.com/2019/09/metode-pelaksanaan-pekerjaan-penanaman_22.html?m=1


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ