PENYULUHAN VIRUS COVID-19 DAN ERA NEW NORMAL PADA PARA IBU RUMAH TANGGA RT 01 RW 01 POSYANDU ANYELIR SAWANGAN LAMA, KOTA DEPOK

Deara Khalisha Nabilah Djamdjam, Barikatul Hikmah, Mohammad Rafli, Andika Setiawan

Abstract


Di tahun 2022 ini, kita bergerak menuju masa Adaptasi Kebiasaan Baru atau biasa disebut Era New Normal, maka penting memahami apa artinya dalam kehidupan sehari-hari. Perlu dipahami Era New Normal bukan berarti kembali ke kehidupan normal dan melakukan segala aktivitas sama seperti sebelum pandemi. Setelah mewawancara Ketua Posyandu Anyelir, Sawangan Lama, Depok, kami kelompok 73 Fraksi 3 KKN UMJ melihat bahwa menjadi sebuah tantangan bagi masyarakat RT 01 RW 01 sendiri dalam rangka mempercepat penuntasan wabah Covid-19 di Indonesia. Di karenakan, mayoritas masyarakat sudah menganggap pandemi Covid-19 sudah selesai dan masih banyak yang belum mengetahui secara jelas mengenai vaksin Covid-19. Oleh karena itu, diupayakanlah program ini melalui acara penyuluhan secara luring. Program ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan pengertian kepada masyarakat khususnya para Ibu Posyandu Anyelir Sawangan Lama, Depok mengenai seputar Virus Covid-19, era New Normal, hoaks, stigma dan vaksin, serta mengingatkan kembali bahwa pandemi belum usai. Dengan metode penyuluhan dengan Power Point yang berisikan informasi dengan sumber yang jelas, hasil yang dicapai dari kegiatan pengabdian ini yaitu (1) wawasan dan pengetahuan para ibu rumah tangga di posyandu anyelir selaku peserta meningkat mengenai seputar Covid-19, hoaks, stigma dan vaksin. (2) masyarakat memiliki kesadaran bahwa pandemi belum selesai dan tetap melaksanakan protocol kesehatan secara ketat. (3) masyarakat tergerak untuk melakukan vaksin Covid-19. Program ini diharapkan dapat bersifat berkelanjutan dan memberikan banyak manfaat sehingga dapat menjadi salah satu solusi dalam memutus mata rantai penyebaran wabah Covid-19 di Indonesia.

Full Text:

PDF

References


Seputar Covid-19 dan Data Covid.go.id Retrieved August, 13 2022 Who.int Retrieved August, 13 2022

Seputar Sawangan Lama Retrieved August, 13 2022

https://sawangan.depok.go.id/profil/sejarah-kecamatan/

Suparlan.Y.B., Kamus Kawi Indonesia (Yogyakarta: Penerbit Kanisius, 1988)

W.J.S. Poerwadarminta, C.S. Hardjasoedarma, J.C.H.R. Poedjasoedira, Baoesastra Djawa (J.B. Wolters Uitgevens Maatschappij: Groningen, Batavia, 1939)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ