PENYULUHAN POLA HIDUP SEHAT DAN DAMPAK BULLYING TERHADAP KESEHATAN MENTAL DI SEKOLAH MI MUHAMMADIYAH BARENGKOK

Ayu Fauziyah, Maya Rosmita, Muhammad Farhan Fahroni, Al Fadhli Rahman, Istisari Bulan Lageni

Abstract


Masalah kesadaran masyarakat di Indonesia menjalani pola hidup sehat masih terbilang rendah, pola hidup yang tidak sehat dan gaya hidup modern menimbulkan berbagai masalah gangguan kesehatan yang dapat menimbulkan berbagai banyak penyakit dan masalah gangguan fisik. Selain sehat fisik, kesehatan mental juga perlu diperhatikan, bullying berdampak pada kesehatan mental bagi korban. Bullying adalah suatu tindakan yang dilakukan dengan menyakiti dalam bentuk fisik, verbal atau emosional psikologis oleh seseorang atau kelompok yang merasa lebih kuat kepada korban yang lebih lemah fisik ataupun mental secara berulang-ulang tanpa perlawanan dengan tujuan membuat orang menderita. Metode pelaksanaan dilaksanakan secara langsung dengan cara memberikan penyuluhan dan pemberian materi mendasar mengenai pola hidup sehat dan dampak bullying di sekolah MI Muhammadiyah Barengkok Bogor. Hasil pengabdian ini bertujuan untuk mengedukasi siswa/siswi agar menerapkan pola hidup sehat dalam aktivitas sehari-hari dan terhindar dari tindakan membully dan juga dari perbuatan bullying di lingkungan sekolah maupun di lingkungan masyarakat. Kesimpulannya melalui pelaksanaan kegiatan ini siswa/siswi mendapatkan pembekalan agar menjaga pola hidup sehat dan mencegah aksi bullying dilingkungan sekolah maupun dilingkungan masyarakat. Dengan kegiatan ini sehingga dapat membantu siswa/siswi sebagai generasi muda menciptakan kesejehtaraan baik dirinya, orang tuanya, maupun masyarakatnya.

Full Text:

PDF

References


Atmaja, P. M. Y. R., Astra, I. K. B., & Suwiwa, I. G. (2021). Aktivitas Fisik Serta Pola Hidup Sehat Masyarakat Sebagai Upaya Menjaga Kesehatan pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 9(2), 128-135.

Kumparan, Diakses pada 16 Agustus 2022. Kumparan.com website : https://kumparan.com/kumparannews/catatan-akhir-tahun-kpai-masih-banyak-kasus-bullying-berujung-korban-meninggal-1xCdQQVB9QH.

Liputan 6. Diakses pada 16 Agustus 2022, Liputan6.com website : https://hot.liputan6.com/read/4839149/pengertian-pola-hidup-sehat-tujuan-dan-cara-penerapannya-yang-wajib-diketahui.

Media Indonesia, Diakses pada 16 Agustus 2022. MediaIndonesia.com website : https://mediaindonesia.com/humaniora/457942/kesadaran-masyarakatuntuk-jalani-hidup-sehat-masih-rendah

Rahmawati, S. (2016). Hubungan Antara Kecemasan Perpisahan Dengan Orang Tua Terhadap Risiko Perilaku Bullying Santri di Pesantren Assanusi Cirebon.

Sugma, A. R., & Azhar, P. C. (2020). Sosialisasi Dampak Bullying Terhadap Peserta Didik Mas Al Maksum Stabat. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 33-40


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ